Perhatikan Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang

Bandung - TemanBaik, tentu beberapa di antara kita pernah naik pesawat terbang? Agar penerbangan kita terasa lebih nyaman, baiknya kita perhatikan hal-hal kecil sebelum naik pesawat. Yuk! Simak ulasannya.

Beritabaik.id berkesempatan untuk berbincang dengan Indoflyer, komunitas pecinta aviasi terbesar di Indonesia. Menurut Public Relations Indoflyer, Fauzi Rulandi, sebelum naik pesawat terbang, edukasi terhadap penumpang mengenai hal-hal dasar itu sangat penting.

Lalu, apa saja sih hal-hal dasar yang harus kamu pahami sebelum naik pesawat terbang? Yuk kita simak!

Perhatikan Waktu
Waktu keberangkatan artinya waktu pesawat berangkat dari kota keberangkatan. Waktu yang tertera adalah waktu lokal, jadi harap perhatikan kapan penumpang harus tiba di bandara.

"Sebaiknya 2 jam sebelum penerbangan (waktu yang tertera di tiket) penumpang sudah di bandara. Lebih baik datang lebih cepat daripada datang terlambat," ujar Fauzi Rulandi, Public Relations dari Indoflyer.

Perhatikan Terminal dan Pintu Keberangkatan
Hal penting lainnya adalah kita harus memperhatikan terminal keberangkatan pesawat yang akan dinaiki. Jangan sampai salah teriminal saat kita hendak naik pesawat, ya!

"Selain itu, selalu perhatikan informasi gate keberangkatan pesawat, karena bisa saja berubah sewaktu-waktu," jelas Fauzi.

Perhatikan Barang Bawaan
Kamu hendak bepergian ke luar kota lalu membawa beberapa barang berharga seperti kamera digital atau laptop? Nah, jangan sampai barang-barang berharga tersebut kamu taruh di bagasi, ya! Bawa saja barang tersebut masuk ke kabin.

Baca Ini Juga Yuk: Indoflyer, Komunitas Pecinta Aviasi Terbesar di Indonesia

Kalau sudah berada di dalam kabin, sebisa mungkin angkat sendiri barang-barangmu ke kompartemen kabin, ya. Jangan mengandalkan pramugara atau pramugari karena tugas utama mereka bukan itu. Namun, kamu bisa meminta bantuan mereka apabila kebetulan sedang merasa kesulitan untuk mengangkat barang ke kompartemen kabin.

Perhatikan Antrean dan Nomor Kursi
Saat sedang antre masuk pesawat, perhatikan penumpang di kursi baris berapa yang bisa masuk terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar penumpang masuk pesawat dengan nyaman dan proses mengantre tidak berlangsung terlalu lama.

Setelah masuk ke dalam kabin, perhatikan nomor kursi yang sudah kamu pesan. Jangan sampai kamu menduduki nomor kursi milik orang lain, ya.

"Kalau mau pindah kursi, hubungi pramugari atau pramugara terlebih dahulu," jelas Fauzi.

Demo Keselamatan
Menjelang lepas landas, biasanya pramugari akan memperagakan demo keselamatan. Hal ini perlu kamu perhatikan dengan baik, ya. Sebab, dalam demo keselamatan tersebut kamu akan mendapat informasi mengenai hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan, utamanya saat terjadi hal yang tak diinginkan (darurat) selama penerbangan.

Lepas Landas dan Mendarat
Fase lepas landas dan mendarat adalah fase yang paling berisiko dalam suatu penerbangan. Oleh sebab itu, patuhi segala aturan, seperti mematikan sejumlah barang elektronik seperti gawai, menegakkan sandaran kursi, membuka penutup kaca jendela, dan menurunkan sandaran tangan.

Setelah pesawat mendarat, jangan langsung berdiri dan mengambil barang-barang, ya. Tunggu sampai pesawat berhenti dan tanda kenakan sabuk pengaman dimatikan.

"Selain itu, jangan dulu menyalakan gawai. Gawai baru dinyalakan saat penumpang sudah berada di bangunan terminal," tutup Fauzi.

TemanBaik, dengan memperhatikan hal mendasar, penerbangan yang hendak dilakukan akan memiliki jaminan keselamatan yang lebih tinggi ketimbang kita mengabaikannya. Bagaimana? Sudah tidak sabar ingin menjelajah Indonesia dengan naik pesawat terbang? Tahan dulu, ya. Tunggu situasi benar-benar pulih agar kita bisa berwisata dengan perasaan yang jauh lebih lega. Tetap semangat!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Suhyeon Choi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler