Begini Trik Menyiasati Kebosanan Anak Saat #DiRumahAja

Bandung - TemanBaik, saat ini masih ada banyak orang yang menghabiskan waktu dengan #DiRumahAja. Hal ini terutama dialami anak-anak usia sekolah karena kegiatan belajar-mengajar belum kembali normal.

Setelah beberapa bulan, lebih banyak #DiRumahAja bagi anak-anak berpotensi menimbulkan kebosanan. Apalagi, mereka juga belum leluasa untuk keluar rumah meski sekadar bertemu teman. Ini bisa karena kehati-hatian mereka sendiri atau larangan dari orang tua.

Bahkan, untuk liburan juga belum tentu bisa dirasakan mereka. Bisa karena tempat wisata atau tempat hiburan belum dibuka, krisis keuangan, atau terkendala izin dari orang tua. Terbayang enggak kejenuhan atau kebosanan yang dialami anak usia sekolah di tengah kondisi seperti itu?

Baca Ini Juga Yuk: Sekolah Belum Kembali Normal, Berdampakkah Bagi Anak & Ortu?

Anak pun perlu penanganan agar kejenuhannya teratasi. Tanpa harus keluar rumah, semuanya akan bisa diatasi. Dengan cara apa ya?

"Ini bisa disiasati dengan hiburan di rumah sebetulnya," kata dosen psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Laila Qadariah.

Kegiatan hiburan ini sebenarnya enggak perlu ribet kok. Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan, tapi cukup efektif untuk mengusir kejenuhan yang dialami anak selama #DiRumahAja. Kuncinya adalah orang tua mau berusaha dan meluangkan waktu untuk mengusir kejenuhan anak.

Contohnya melakukan kegiatan domestik atau keseharian secara bersama-sama. Misalnya belajar memasak bersama antara ibu dan anak dengan melihat tutorial di YouTube. Dengan cara ini, akan terjadi interaksi antara ibu dan anak. Keseruan juga bakal tercipta, apalagi saat masakan sukses dibuat.

"Mencuci kendaraan antara ayah dan anak cowoknya juga bisa, ini cowok banget," ucap Laila.

Dalam kegiatan seperti di atas, berbagi peran menjadi sangat penting. Buatlah kesepakatan anak menjalankan bagian apa yang disukainya. Misalnya anak kebagian menyiram kendaraan sedangkan ayah mencuci menggunakan sabun.

Cara lain juga bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan sekaligus menumbuhkan dan melatih kreativitas. Orang tua disarankan mengajak anak membuat suatu kegiatan kreatif, misalnya membuat karya atau kerajinan dari barang bekas.

"Atau bisa melakukan eksperimen sains sederhana di rumah dengan memakai bahan yang ada di rumah. Ide-ide lainnya bisa googling di internet," jelas Laila.

Selain itu, masih ada cara lain, yaitu dengan berolahraga bersama. Ini menurutnya jadi aktivitas yang sangat bermanfat. Selain membuat sesama anggota keluarga jadi lebih dekat, olahraga tentu membuat tubuh sehat.

Namun, setiap keluarga atau orang memiliki cara efektif berbeda untuk mengusir kejenuhan. Kata kuncinya, cari dan lakukan kegiatan yang menyenangkan, hingga melatih kreativitas. Jadi, tanpa perlu keluar rumah, kejenuhan itu bisa sirna.

"Jadi, banyak sebetulnya aktivitas yang baik banget buat (mengusir kejenuhan) di keluarga," tandas Laila.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Tanaphong Toochinda
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler