Randhika Djamil, Podcaster yang Kecanduan Bikin Konten Audio

Bandung - TemanBaik, di zaman sekarang ini konten hiburan di media sudah mulai beragam. Para kreator konten berlomba-lomba membuat hal yang unik dan beda agar tetap disukai masyarakat.

Belakangan ini, sedang booming di berbagai media tentang hadirnya konten audio berupa siniar atau yang lebih dikenal dengan podcast. Konten yang berisi obrolan dengan durasi setengah jam hingga satu jam ini cukup diminati masyarakat

Apalagi di era pandemi ini, masyarakat yang lebih banyak di rumah, butuh sesuatu yang menemani sambil mengerjakan hal dan kegiatan lain. Mungkin musik awalnya menjadi pilihan utama, tapi mendengar obrolan yang asik dengan topik yang seru, rasanya boleh juga!

Beritabaik.id berkesempatan mewawancarai Randhika Djamil, seorang stand up comedian, mantan penyiar radio, dan sekarang seorang podcaster alias kreator podcast. Randhika Djamil yang akrab disapa Dhika ini lahir di Bandung pada 13 Juli 1984.

Pria asli Bandung ini pertama dikenal sebagai penyiar di salah satu radio di Bandung. Pada tahun 2012, ia mengikuti ajang pencarian bakat stand up comedy di televisi yaitu Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Season 2. Dhika di ajang ini berhasil menempati juara ke-5, dan langsung mendapatkan tawaran kerja di Jakarta, sehingga akhirnya ia tinggal di Jakarta

Dhika mengenal podcast sekitar dua tahun lalu, ia pertama mengenal 'Podcast Awal Minggu' yang dibuat oleh Adriano Qalbi, seorang stand up comedian juga. Bahkan sebelum booming seperti sekarang, Dhika pernah mengunggah rekaman podcast secara iseng di Spotify.

"Dua tahun yang lalu sempet mengupload podcast ini. Kita upload, terus isinya cuma ngobrol beneran aja. Ngobrol-ngobrol aja gitu ngobrol ngalor ngidul setengah jam," jelas Dhika.

Baca Ini Juga Yuk: Serunya Membaca Buku di Bale Pustaka Bandung

Meski banyak pendapat bahwa podcast akan mengalahkan radio, Dhika punya pendapat berbeda. Dhika yang pernah merasakan kedua dunia tersebut mengatakan bahwa podcast dan radio dapat berkembang bersama.

Dhika menambahkan, kalau TemanBaik ingat, radio di zaman dulu lebih diminati ketika less music more talk. Sama dengan  konsep podcast menurut Dhika, kembali ke dasar siaran radio tersebut yang ia pernah alami dulu.

"Jadi dulu gua waktu 2004, ­di-training di radioDisuruhnya adalah, radio adalah temen. Jadi, ketika lu siaran, lu kaya ngobrol sama temen. Makannya waktu dulu gua di-training, kalo lu ngomong sama pendengar, lu jangan ngomong kalian, tapi pake kata ganti orang pertama. Supaya ngerasa deket,"” ucap Dhika

Sekarang, Dhika sudah memiliki podcast tetap yang tayang setiap minggunya. Ada Berizik, podcast yang bicara tentang musik dengan komedi bersama Andi Wijaya alias Awwe, stand up comedian asal Bekasi. Belum lama ini, Dhika bergabung dengan 'Podcast Ancur' bersama Patra Gumala, Diaz Danar, dan Kemal Palevi, yang merupakan penyiar radio dan stand up comedian juga.

Sebagai seorang podcaster, Dhika mengakui bahwa sebagai seorang stand up comedian berpengaruh dalam pembuatan konten. Hal yang ia pelajari ketika membuat konten podcast bersama stand up comedian lain adalah bagaimana cara berkomedi yang tidak egois. Ketika membuat konten bersama, yang penting adalah mengedepankan komedinya.

"Akhirnya, bukan mengedepankan soal stand up comedian-nya. Kita yang penting mengedepankan soal komedinya. Karena, kalau misalnya kita saling mengedepankan stand up comedy-nya, jatohnya akan jadi semua egois. Jadi ketika bareng sama 'Podcast Ancur', ego stand up comedian-nya harus diredam," tambah dhika.

Menjadi podcaster memang tak disangka oleh Dhika, berawal dari penyiar radio dan akhirnya membuat konten audio, jadi candu buat dirinya. Dhika senang membuat konten yang seru lewat 'ngobrol', dan membuat seolah-olah para pendengar ini sedang nongkrong bareng.

Dari tahun lalu hingga sekarang, podcast memang sedang naik daun, dan telah menemukan pasar pendengarnya sendiri. Jadi, sekarang saat yang tepat ketika TemanBaik punya unek-unek yang ingin didengar orang banyak. Segera rekam, lalu unggah ke platform yang sudah tersedia, ya!

Foto: Dok. Pribadi Randhika Djamil

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler