Ini Tiga Hal Penting Penunjang untuk Anak Belajar di Rumah

Bandung - TemanBaik, saat ini aktivitas belajar-mengajar siswa belum kembali normal karena pandemi COVID-19 belum berakhir. Sehingga, anak usia sekolah masih menjalankan kegiatan belajar di rumah.

Namun, belajar di rumah enggak semudah dan seenak yang dibayangkan. Dalam beberapa kasus, pada akhirnya belajar di rumah menjadi kurang efektif karena berbagai alasan dan kendala.

Untuk menyiasatinya, ada tiga hal yang perlu dilakukan orang tua. Sehingga, kegiatan belajar anak menjadi efektif. Di saat yang sama, anak juga nyaman saat belajar. Apa saja ya?

1. Konsisten dengan Jadwal
Susun jadwal belajar anak dan sepakati. Dengan cara ini, anak akan terbiasa dengan jadwal yang ada. Pastikan juga kegiatan belajar tidak terganggu dengan kegiatan lain, misalnya makan, nonton televisi, hingga berkumpul bersama anggota keluarga.

Usahakan juga jangan mengganggu kegiatan belajar anak. Sehingga, mereka bisa konsentrasi penuh. Jika butuh bantuan anak melakukan sesuatu, sebaiknya dilakukan sebelum atau setelah anak selesai belajar.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Trik Menyiasati Kebosanan Anak Saat #DiRumahAja

2. Sediakan Tempat Pribadi
"Usahakan anak punya space pribadi untuk tempat belajar. Berikan mereka kesempatan untuk menata dan mengaturnya sendiri," ujar dosen psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Laila Qadariah.

Untuk tempat belajar ini, enggak perlu mewah kok. Hal yang penting, tempat belajar ini dirasa nyaman bagi anak untuk belajar. Jika ada meja dan kursi untuk belajar, ini akan lebih baik. Namun, jika tak ada pun tak masalah, yang penting anak tetap nyaman.

Tempat belajar ini juga fleksibel, misalnya ruang tamu menjadi tempat belajar saat anak harus belajar. Setelah selesai digunakan, ruang tamu bisa kembali dibereskan agar berfungsi kembali jadi ruang tamu pada umumnya.

3. Jadi 'Alarm'
Sangat penting untuk mengatur kapan waktu belajar dilakukan hingga pengumpulan tugas. Dalam posisi ini, orang tua disarankan menjadi 'alarm' atau pengingat bagi anak.

"Dengan begini anak bisa mengatur diri untuk menyelesaikan tugasnya. Kita orang tua tinggal mengingatkan anak untuk menyelesaikan (tugas belajar) sesuai jadwal," jelas Laila.

Saat waktunya belajar, orang tua akan mengingatkan anak. Begitu juga saat selesai dan waktunya mengumpulkan tugas hasil belajar. Cara ini akan melatih anak disiplin. Bahkan, jika anak sudah terbiasa dengan jadwal yang ada, orang tua tak perlu lagi jadi 'alarm'.

Namun, jangan bosan jika anak harus terus diingatkan ya. Sebab, setiap anak tentu punya sikap dan penanganan berbeda. Apalagi kegiatan belajar atau sekolah di rumah ini merupakan hal asing bagi orang tua, terutama anak.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Annie Spratt 
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler