Masih Sulit Mencintai Diri Sendiri? Begini Cara untuk Memulainya

Bandung - Bicara tentang mencintai diri sendiri, sudah tentu semua orang menginginkannya. Walaupun ternyata ini bukanlah hal yang mudah. Setiap orang mempunyai prosesnya masing-masing hingga akhirnya membawanya mengenal dan mencintai dirinya.

Kalau TemanBaik masih bingung harus mulai darimana untuk mencintai diri, Yumni Rizqika yang merupakan founder 'Secukupnya Podcast' yang aktif membahas soal mencintai diri berbagi tipsnya untukmu nih. Simak yuk!

Pertama, mulailah dari Percaya dengan Diri sendiri. TemanBaik, saat kamu hendak mencintai dirimu tentu kamu harus lebih dulu percaya dengan dirimu. Salah satu caranya adalah dengan yakin terhadap potensi yang kamu miliki. 

"Bagi aku, memberi kepercayaan ke diriku itu hal utama. Itu bisa jadi main power button untuk hal lainnya," ujar perempuan yang kini bekerja sebagai KOL and Publisher Specialist, Mindshare di Group M Indonesia.

Kedua, jangan menyamaratakan segala hal. Dengan begitu, kamu jangan terlalu sering membandingkan dirimu dengan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuatmu tidak percaya diri.

"Jangan selalu tanya kenapa orang lain bisa, tapi aku enggak bisa. Coba ganti dengan pertanyaan yang mengarah pada dirimu. Misalnya memikirkan mimpi dan berpikir bagaimana caranya mengembangkan diri," tegas Yumni.

Baca Ini Juga Yuk: Yumni Rizqika, Belajar Percaya dan Mencintai Diri Sendiri

Ketiga, lihat sekitar dan syukuri mereka yang selalu ada untuk kamu. Mencintai diri bukan berarti enggan bersosialisasi ya, TemanBaik. Sebagai manusia, sudah kodratnya kita adalah makhluk sosial. Jika kamu mempunyai orang yang selalu ada untukmu, jangan lupakan mereka. Karena menurut Yumni, dukungan dari orang-orang terdekat juga dibutuhkan dalam proses pencarian diri.

"Kalau kata pepatah, gajah dipelupuk mata gak kelihatan, tapi semut di seberang lautan nampak. Maksudnya tuh jangan sampai kamu sibuk mencari dukungan dari orang lain yang jauh, sampai kamu lupa ada orang di dekatmu yang selalu ada," ujar Yumni kepada Beritabaik.id.

Keempat, jangan ragu untuk tunjukkan dirimu. Mencintai diri tentu sepaket dengan percaya pada diri. Karena itu, jangan ragu dan takut untuk bersuara, jangan takut untuk memperlihatkan pada orang lain kalau dirimu ada. 

Bukan berarti kamu harus terus menunjukkan hal positif yang kamu miliki, tapi saat kamu menunjukkan kekuranganmu, pastikan jika kekurangan itu tidak menguasaimu.

"Jangan sibuk mengeluh tapi kamu gak berbuat sesuatu. Kalau kayak gitu, namanya kamu nyaman dengan emosi negatif yang kamu rasakan, bukan sekadar menerimanya," ujar Yumni.

Kelima, terus berkarya dan mengembangkan diri. Setiap orang dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada salahnya untuk terus mengembangkan dirimu. Terus gali potensi yang kamu miliki dan berkarya. Jangan cepat merasa puas dan jangan lelah untuk belajar ya, TemanBaik!

Keenam, jangan memaksakan diri. Jika kamu sudah merasa tidak mampu, cukupkan dan beristirahatlah. Jangan terlalu memaksakan dirimu. Menurut Yumni, terlalu memaksakan diri akan membuatmu menyalahkan dirimu dan justru membuatmu tidak mencintai dirimu sendiri. 

"Aku percaya, ada saatnya kita harus membiarkan tuhan dan semesta yang bekerja. Kita manusia punya batas, gak semuanya bisa kita handle," pungkasnya.

TemanBaik, jangan menyerah untuk terus belajar mencintai dirimu ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Content Pixie

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler