Menilik Kesiapan Bioskop saat Beroperasi Kembali di Masa AKB

Bandung - TemanBaik, sudah kangen nonton bioskop? Angin segar untukmu, karena rencananya pada 29 Juli mendatang, seluruh bioskop Tanah Air dikabarkan bakal serentak membuka operasionalnya dengan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Nah mengenai hal itu, operasional bioskop di Kota Bandung sendiri saat ini masih menunggu kebijakan lanjutan dari otoritas setempat, yakni Pemerintah Kota Bandung. Saat ditemui Beritabaik.id, Cinema Manager CGV Bandung Egie Wisaksono menyebut bakal ada beberapa skenario apabila operasional bioskop di Kota Bandung mulai diizinkan.

"Pada dasarnya kami siap membuka (layanan bioskop) apabila Pemerintah sudah memberi izin untuk kami buka, ya kami akan buka," terang Egie di CGV Bandung Electronic Center, Jl. Purnawarman, Bandung (9/7/2020).

Terkait persiapan yang dilakukan, sejauh ini ada beberapa skenario yang mesti diperhatikan, apalagi jika kamu hendak menonton film bersama dengan teman-temanmu. Yuk kita simak!

Pertama adalah terkait pembatasan kuota penonton. Hal yang pasti diterapkan dalam operasional bioskop di era kenormalan baru adalah pembatasan kuota penonton yang boleh masuk ke dalam ruang teater atau auditorium. Egie menyebut, pembatasan tersebut tentu mengacu pada ketentuan dari Pemerintah. Pastinya, pembatasan penonton ini dilakukan guna menjaga jarak fisik antar penonton di dalam bioskop.

"Jumlah penonton di dalam auditorium pasti dibatasi. Tentu jumlahnya nanti akan menyesuaikan terhadap regulasi dari Pemerintah Kota," jelas Egie.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Asal Gowes, Begini Tips Bersepeda Aman dan Nyaman

Wah, bisa dibayangkan, ya. Dalam tiap satu baris kursi mungkin saja nanti akan diberi jarak layaknya di bangku ruang-ruang publik. Bagaimana nih? Kamu sudah siap nonton film horror dengan jarak yang berjauhan dengan teman sebelahmu?

Kedua tentu penerapan protokol kesehatan. Seperti yang sudah di terapkan di banyak tempat lainnya, pengelola bioskop juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh bagi para pengunjung, penyediaan hand sanitizer, hingga penerapan pembatasan jarak fisik selama berada di area auditorium maupun area tunggu bioskop. Selain itu, nanti juga akan diterapkan peningkatan higienitas atau kebersihan oleh seluruh kru bioskop.

Namun lebih jauh terkait hal ini, baik secara teknis maupun regulasi, pihak CGV lagi-lagi menyebutkan masih menunggu surat edaran dari Pemerintah. Ditanya mengenai kapasitas audiens yang diizinkan masuk, ia belum bisa memastikan berapa kapasitas maksimum bioskop yang akan berlaku nantinya.

Terakhir adalah edukasi pegawai. Apabila bioskop di Bandung resmi beroperasi, nantinya para pegawai bioskop akan diberi edukasi terkait penerapan protokol kesehatan. Egie menyebut upaya yang saat ini bisa dilakukan oleh pihaknya adalah dengan memastikan tidak ada potensi penyebaran virus di bioskop. Selain itu, ia juga memastikan nantinya seluruh kru bioskop akan bertugas mengingatkan pengunjung terkait protokol kenormalan baru. Jadi, kalau bioskop sudah dibuka, pastikan kamu mematuhi arahan kru bioskop dan tidak ngeyel, ya.

TemanBaik, walaupun dalam waktu dekat kita sudah bisa kembali menonton film kesayangan di bioskop, pastikan kita tetap berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan, ya. Sebab dalam memutus mata rantai penyebaran virus, dibutuhkan peran dan kekompakan kita semua. Sehat selalu ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Karen Zhao


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler