Pentingnya Meditasi Bagi Ibu, Memberi Jeda untuk Diri Sendiri

Bandung - Keadaan pandemi COVID-19 saat ini tentu bukan hal yang mudah bagi siapapun. Kita terpaksa membatasi kegiatan, pertemuan, hingga banyak rencana tertunda. Adaptasi dengan kondisi saat ini perlu dilakukan oleh semua orang, termasuk oleh seorang ibu.

Kini, tugas ibu bertambah dua kali lipat karena memiliki peran tambahan. Salah satunya adalah menjadi guru sekaligus teman bagi -anak- anak bermain selama 24 jam berada di rumah.

Disisi lain, perannya sebagai ibu sekaligus istri untuk mengurus segala kebutuhan rumah tangga juga harus tetap terlaksana. Segala tekanan itu membuat ibu lebih rentan mengalami stres dalam kondisi ini. Lantas, bagaimana ya cara agar ibu tetap bisa menjaga kesehatan fisik dan jiwanya?

Beritabaik.id berkesempatan untuk berbincang dengan Ashtra Dymach, seorang founder media daring berbasis komunitas bernama Haloibu.id.

Ashtra mengakui banyak sekali faktor yang dapat membuat ibu mengalami stres di masa pandemi saat ini.

"Tidak pandemi saja penyebab stres ibu sudah banyak. Bagaimana sekarang dihadapkan dengan kondisi seperti ini," ujar Ashtra. 

Saat menjadi seorang ibu, mulai dari mengandung, melahirkan, hingga merawat anaknya, akan menjadi masa transisi yang besar bagi seorang perempuan. Karena itulah, dukungan dari sekitarnya sangat dibutuhkan. 



Baca Ini Juga Yuk: Masih Sulit Mencintai Diri Sendiri? Begini Cara untuk Memulainya

Namun dukungan itu tentu sulit didapatkan saat ini. Misalnya saja ibu yang habis melahirkan tidak boleh di jenguk banyak orang, dan ditangani oleh dokter ber-APD lengkap yang tentu sangat mengurangi kontak. 

"Kondisi seperti ini membuat ibu harus melakukan semua hal dua kali lipat, tetapi dukungannya sama saja. Harusnya dukungannya juga ditambah," ujar Ashtra.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko stres tersebut adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi adalah salah satu cara untuk mencapai mindfulness atau kondisi dimana seseorang dapat hadir sepenuhnya untuk dirinya saat ini. 

Meditasi yang dibuat Ashtra bersama Haloibu.id ini diberi nama 'Meditasi Lingkaran Ibu'. Program ini sudah berlangsung selama tiga bulan, sejak pandemi COVID-19 menerjang Indonesia.

Meditasi yang dilakukan bersama setiap satu minggu ini diputuskan Ashtra untuk dilangsungkan setiap hari Senin melalui aplikasi Zoom.

"Kenapa Senin? Soalnya kita sering merasa hari Senin tuh berat. Kayak 'Duh udah Senin lagi. Anak mulai kelas online lagi'. Awal minggu untuk memulai aktivitas lagi kan," ujar Ashtra. 

Saat ditanya oleh Beritabaik.id, Ashtra mengaku bahwa melakukan meditasi dalam kondisi saat ini merupakan hal yang penting. Perempuan, termasuk seorang ibu perlu memberikan jeda untuk dirinya sendiri. Memberi jeda untuk tidak berpikir, dan tidak menjelekkan diri. Cukup dengan mendengarkan diri sendiri. 

Ashtra juga menambahkan bahwa setiap orang, termasuk ibu harus memberikan jeda dan cinta untuk dirinya. 

"Kalau kamu tidak bisa memberi cinta untuk dirimu, bagaimana kamu bisa mengajarkan anakmu untuk mencintai dirinya?," ujar Ashtra saat diwawancari Beritabaik.id pada Kamis (9/7/2020).

Melakukan meditasi sebetulnya tidak memerlukan waktu yang banyak. Cukup 10-15 menit. Karena yang terpenting dari meditasi adalah kualitasnya. Hal lain yang tak kalah penting dari meditasi adalah bagaimana kamu bisa fokus terhadap napas dan dirimu sendiri. 

"Kalau kita lagi panik selalu diingatkan untuk bernapas kan? Jadi kalau kamu sedang panik, coba atur napas dulu. Beri waktu untuk dirimu mencari tahu apa penyebab perasaan itu," tambah Ashtra.

Manfaat meditasi sudah Ashtra rasakan sendiri sejak dirinya mengandung anak pertama sekitar 7 tahun yang lalu. Ia mengaku menjadi lebih rileks setelahnya.

Saat awal membuat meditasi secara daring bersama para ibu, Ashtra tidak menyangka kalau akan banyak ibu yang berminat bahkan berkelanjutan untuk ikut serta dalam meditasi bersama.

"Ternyata melakukan meditasi bersama dengan para ibu efeknya luar biasa. Karena ada posisi yang sama menjadi seorang ibu, jadi merasa enggak sendiri," ujar Ashtra yang juga berprofesi sebagai birth and postpartum doula.

Doula sendiri adalah seorang tenaga profesional yang memberikan dukungan emosional, fisik, dan pendidikan kepada ibu yang sebentar lagi akan melahirkan, sedang melahirkan, dan habis melahirkan. 

Di akhir perbincangannya dengan Beritabaik.id, Ashtra memberikan satu tips penting agar ibu selalu merasa senang dan tenang selama diam di rumah.

"Harus sadar dulu kalau memang gak selalu bisa senang dan tenang. Kalau kamu sudah sadar atas dirimu, kamu akan lebih mudah mencari ketenangan. Cari waktu yang tepat untuk memberi jeda pada dirimu," ujar Ashtra.

Selain itu Ashtra juga mengingatkan agar TemanBaik selalu mau menerima semua bentuk emosi. Tak apa jika merasa sedih atau marah, rasakan saja. Sampai nanti ada satu titik dimana kita bisa mencari solusi yang menciptakan rasa nyaman.

Ibu memang mempunyai tanggung jawab yang besar untuk dirinya dan keluarganya. Karena itu, menjaga kesehatan fisik dan jiwanya adalah hal yang penting. Salut untuk ibu hebat di seluruh dunia!

Tapi meditasi tidak hanya bisa dilakukan oleh seorang ibu kok, TemanBaik. Siapapun, termasuk kamu bisa melakukannya. Jadi jangan lupa beri jeda dan dengarkan dirimu ya!

Foto: Ashtra Dymach, Founder Haloibu.id/dok. Ashtra Dymach

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler