Yuk! Bijak Membeli Makanan Beku Cepat Saji

Bandung - TemanBaik, kamu gemar makanan beku cepat saji seperti nugget, sosis, hingga french fries alias kentang goreng? Selain bisa di dapat di tempat penjualan makanan seperti kafe dan restoran, makanan ini sekarang mudah didapat hingga pedagang di pinggir jalan.

Selain dalam bentuk matang atau siap dikonsumsi, saat ini juga banyak makanan beku cepat saji. Sehingga, jika memilikinya di rumah, makanan ini bisa dengan mudah disajikan. Cukup dengan menggoreng atau merebusnya sebentar, sudah jadi deh dan tinggal disantap.

Namun, kamu perlu hati-hati ya jika membeli makanan beku cepat saji, apalagi dalam bentuk curah. Kenapa ya? Simak ulasannya, yuk!

Menurut Ketua Prodi Teknologi Pangan Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas) Yusep Ikrawan, ada dua hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memastikan membeli makanan siap saji.

"Banyak risikonya (membeli makanan beku cepat saji). Pertama, kita enggak tahu proses pembuatan yang dilakukan," kata Yusep kepada BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Trik Menyulap Sisa Makanan Jadi Lebih Bermanfaat

Ya, namanya juga curah, kamu enggak bakal tahu komposisi apa yang digunakan dalam pembuatannya. Biasanya, makanan curah tidak memiliki label berisi komposisi.

Dalam proses pembuatannya, kamu tentu tidak tahu makanan itu diolah dengan cara bagaimana. Bahkan, kebersihannya juga kamu tidak tahu apakah benar-benar dijalankan atau tidak.

Kedua, makanan beku cepat saji dalam bentuk curah biasanya tidak dicantumkan tanggal kedaluwarsanya. Padahal, ini jelas hal yang sangat penting. Sebab, jika kedaluwarsa dan dikonsumsi, dikhawatirkan berdampak negatif bagi tubuh.

"Kita kan enggak tahu makanan itu expired-nya kapan," ucap Yusep.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar makanan cepat saji tidak sering dikonsumsi. Sebab, sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa terlalu sering mengonsumsinya akan berbahaya bagi tubuh. Ini berlaku tak hanya untuk makanan cepat saji beku dan curah, tapi juga secara umum.

Karena itu, TemanBaik perlu bijak jika ingin membeli makanan beku cepat saji dan curah. Kamu disarankan membeli yang secara komposisi jelas, termasuk produsen atau pembuatnya. Tanggal kedaluwarsa juga perlu diperhatikan ya.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Rich Smith
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler