Kelas Olahraga Virtual, Alternatif untuk Tetap Bugar di Rumah

Jakarta - TemanBaik, kegiatan apa sih yang rutin kamu lakukan selama pandemi ini? Nonton film? Baca novel? Atau membuat kue? Selain ragam kegiatan tersebut, ternyata rutin berolahraga di masa pandemi juga hal baik loh. Tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga untuk pikiran.

Banyak kok kegiatan olahraga yang bisa TemanBaik lakukan tanpa harus keluar rumah, misalnya home workout dengan melihat tutorialnya di YouTube, yoga, bahkan bersih-bersih rumah juga bisa dianggap sebagai olahraga.

Tapi, tentu saja di antara kita ada yang justru tidak semangat jika harus berolahraga sendirian. Sebelum pandemi, rutin deh ikut kelas olahraga bersama atau pergi ke gym. Pas pandemi kayak gini, gimana ya? Tapi tenang, sekarang TemanBaik bisa ikut kelas olahraga virtual kok. Seperti apa ya kira-kira? Yuk simak!

Beritabaik.id berkesempatan untuk mewawancarai Nadya Rudianto (42), seorang Hot Pilates Instructor & Barre pada hari Sabtu (11/7/2020). 

Kepada Beritabaik.id, Nadya berbagi ceritanya soal menjadi instruktur kelas olahraga virtual di Active Barn Studio dan berbagai tempat lainnya. 

Sejak pemerintah mengimbau warga untuk membatasi aktivitas di luar rumah sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran virus korona, Active Barn Studio (tempat Nadya bekerja) pun menghentikan semua kelas olahraga tatap mukanya.


                                                     Foto: Nadya Rudianto/dok. Nadya Rudianto

Baca Ini Juga Yuk:
 Menggugah Kesadaran Lewat 'Dialogue Positive'

Nadya yang saat itu mengaku kebingungan sebab merasa tidak banyak yang ia bisa lakukan di rumah, akhirnya membuat workout plan mingguan dan mengunggahnya ke media sosial Instagram pribadinya. 

Siapa sangka unggahan itu menarik perhatian murid-murid Nadya di kelas olahraga, dan Nadya diminta untuk tetap mengajar secara virtual. Nadya yang belum berpengalaman menjadi instruktur kelas virtual merasa ragu dengan permintaan tersebut.

"Akhirnya tiga hari setelah aku WFH (18 maret), aku memberanikan diri buat bikin video olahraga tapi di IGTV aja," ujar Nadya.

Berawal dari Instagram, Active Barn bersama Nadya mengadakan kelas olahraga virtual melalui aplikasi Zoom yang saat itu hanya tersedia 2 kelas sehari. 

Peminat kelas olahraga virtual, khususnya di Active Barn Studio rupanya terus meningkat. Bahkan saat ini, kelas olahraga virtual yang tersedia mencapai 3 sampai 4 kelas perhari. 

Tidak hanya aktif menjadi instruktur kelas olahraga virtual di Active Barn, Nadya pun rutin melakukan live olahraga HIIT Pilates & Barre di Instagram pribadinya, @eboonad. Sesi live melalui instagram tersebut rutin Nadya lakukan setiap hari Selasa pukul 7 malam dan berkolaborasi dengan @tandamataid.

"Aku ajak orang-orang buat gerak sambil diiringi lagu yang enak. Aku kenalin soal gerakan HIIT Pilates dan Barre juga. Siapapun bisa ikutan. Aku mau mengajak orang untuk gerak dan sehat sama-sama," ujar Nadya. 

Nadya sendiri merupakan instruktur High Intensity Interval Training (HIIT) Pilates di kelas olahraga virtual yang diadakan oleh Active Barn Studio.

HIIT Pilates merupakan kolaborasi antara dua jenis olahraga, yaitu High Intensity Interval Training (HIIT) dan Pilates. Kedua kolaborasi olahraga tersebut menghasilkan full body workout, yang minim risiko cedera pada tubuh. Tentunya HIIT Pilates sangat aman untuk semua usia. 

Prinsip pilates digunakan karena merupakan gerakan yang biasa dilakukan untuk rehabilitasi medis. Sedangkan HIIT merupakan gerakan yang sangat efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Kolaborasi yang menarik bukan, TemanBaik?

Nadya mengaku awalnya tidak percaya diri untuk mengajar secara virtual. Tetapi setelah empat bulan berlalu, kini ia sudah mulai terbiasa. 

Rupanya, banyak pengalaman baru yang didapatkan Nadya dari menjadi instruktur di kelas olahraga virtual. Salah satunya adalah asal daerah muridnya yang lebih beragam.

"Active Barn kan letaknya di daerah Kemang, kalau langsung ya paling yang tinggal di sekitar situ yang ikutan. Tapi kalau virtual gini kan dimana saja bisa ikutan. Muridku sekarang ada yang dari Malang juga. Bahkan kalau aku live di IG, ada yang dari luar negeri," ujar Nadya.

Memang ada hal yang menjadi tantangan tersendiri bagi Nadya saat menjadi instruktur olahraga di kelas daring. Ia mengaku tidak bisa leluasa memantau gerakan murid-muridnya, seperti yang biasa ia lakukan di studio.

"Kadang ada yang gak mau nyalain videonya, jadi aku gak bisa pantau gerakannya. Kadang kesulitan juga karena layar HP kan kecil," ujar Nadya. 

Dibalik semua pengalaman yang Nadya alami, baik untuk dirinya sendiri dan juga berdasarkan testimoni dari murid-muridnya, banyak manfaat yang mereka rasakan saat merutinkan olahraga dalam kondisi pandemi seperti ini.

Selain mengisi waktu di rumah, rutin berolahraga juga bisa meningkatkan hormon endorfin yang bisa membuat mood baik dan menghilangkan stres yang tentu membuat kita bisa lebih berpikir positif.

"Kalau dari fisik sudah pasti membakar kalori ya. Ada muridku yang bisa hitung kalori yang terbakar dari jamnya, 1 kali kelas sekitar 400-an kalori lah," tambah Nadya.

Nah, TemanBaik, kelas olahraga virtual bisa jadi salah satu alternatif pilihan olahragamu selama di rumah aja nih! Selain menyehatkan badan dan pikiran, tentu kamu juga enggak akan kesepian karena olahraga sendirian. 

Jadi, sudah enggak ada alasan untuk malas olahraga karena tidak ada teman ya, TemanBaik. Yuk! sayangi dirimu dengan rutin olahraga dari sekarang.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Brunce Mars

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler