Begini Tips Agar Kamu Rutin Olahraga di Rumah

Jakarta - Mau mulai olahraga di rumah tapi kok rasanya malas ya? Atau masih bingung mencari olahraga yang pas buatmu? Tenang saja, TemanBaik. Nadya Rudianto (42), seorang Hot Pilates Instructor & Barre punya tips nih buat kamu yang mau mulai rutin olahraga di rumah. Yuk, simak penjelasannya! 

Pertama, tentu niat. Memang segala sesuatu harus dimulai dari niat ya, TemanBaik. Setiap kamu mau mulai olahraga, jangan lupa munculkan niat baik dari dalam dirimu. 

"Niat itu penting banget. Makannya setiap mau mulai kelas, aku pasti ada sesi grounding dulu. Aku arahkan murid-muridku untuk fokus sejenak dengan dirinya sendiri," ujar Nadya. 

Kedua, cari apa yang kamu sukai. Kalau kita melakukan sesuatu yang berhubungan dengan kesukaan, biasanya kita jadi lebih semangat dalam menjalankannya, TemanBaik.

Nah, kamu juga bisa mengkombinasikan olahraga dengan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya olahraga sambil mendengarkan musik. Fokuskan setiap gerakan olahraga mu dengan alunan musik favorit mu!


                                                              Foto: Nadya Rudianto/dok. Nadya Rudianto

Baca Ini Juga Yuk: Kelas Olahraga Virtual, Alternatif untuk Tetap Bugar di Rumah

Ketiga, cari olahraga yang mudah dan sederhana. Kita gak perlu pusing menyediakan macam-macam perlengkapan olahraga saat di rumah kok, TemanBaik. Bahkan menggunakan berat tubuh kita sendiri pun sudah cukup.

"Misalnya di kelasku, HIIT Pilates, gak perlu pakai perlengkapan apapun. Pakai body weight juga cukup. Butuh tempat kecil aja, gak ada lompat-lompat jadi apartment friendly," tambah Nadya.

Keempat, jangan berpikir terlalu jauh. Punya target untuk dirimu saat olahraga tentu boleh ya, TemanBaik. Tapi jangan sampai itu membuatmu jadi memaksakan diri dan tidak menikmati olahragamu.

Menurut Nadya, waktu yang paling efektif untuk berolahraga itu tergantung dirimu sendiri. Apa yang kamu dan tubuhmu butuhkan? Coba sesuaikan. 

"Misalnya hari ini kita gak sempat olahraga satu jam, ya jangan jadi kesal. Kalau sempatnya cuma lima menit, kenapa enggak? Yang penting kita meluangkan waktu untuk tubuh kita bergerak dulu," ujar Nadya. 

Kelima, konsisten. Sepertinya konsisten menjadi hal yang cukup sulit ya, TemanBaik. Ada niat untuk memulai, tentu juga harus ada niat untuk konsisten melakukan olahraga. 

"Cara untuk konsisten? Lakukan saja dulu. Jadikan olahraga sebagai bagian dari kehidupan kita," tutup Nadya di akhir perbincangannya dengan Beritabaik.id.

Gimana TemanBaik? Sudah semakin termotivasi untuk mulai olahraga? Yuk!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Diego Luzano

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler