Begini Cara Tepat Memakai Pelindung Wajah untuk Hindari COVID-19

Jakarta - TemanBaik, face shield atau pelindung wajah belakangan ini tak hanya digunakan petugas medis yang menangani pasien COVID-19. Masyarakat umum pun banyak yang menggunakannya sebagai antisipasi agar terhindar dari penularan COVID-19.

Namun, ada sebagian masyarakat yang justru menggunakan pelindung wajah. Di saat yang bersamaan, masker juga tak dipakai. Amankah cara ini? Simak ulasannya, yuk!

Ya, pelindung wajah memang jadi salah satu alat tempur untuk menangkal penularan COVID-19. Namun, jika hanya menggunakan pelindung wajah tanpa disertai penggunaan masker, hasilnya akan kurang maksimal.

"Menggunakan face shield saja tanpa masker, tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal," kata Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto dalam keterangan resminya.

Pria yang akrab disapa Yuri ini mengatakan penggunaan pelindung wajah hanya sebatas mampu melindungi penggunanya dari droplet yang besar. Akan tetapi, pelindung wajah ini tidak menjamin partikel micro droplet tidak akan terhirup melalui melalui mulut atau hidung.


                                                                        Foto: Achmad Yurianto/dok. BNPB

Baca Ini Juga Yuk: Ini 'Safe House' Baru untuk Isolasi Pasien COVID-19 di Malang

Sebab, partikel micro droplet dapar berada di udara dalam waktu relatif lama. Hal ini bisa mengakibatkan seseorang yang menggunakan pelindung wajah tanpa masker menghirupnya secara tidak sengaja.

"Micro droplet ini ukurannya lebih kecil dan bisa berada di udara untuk waktu yang relatif lama. Oleh karena itu, penggunaan masker mutlak harus dilakukan, harus dikerjakan. Bukan face shield. Karena kita tahu, pada micro droplet, dia akan mengambang di udara," jelas Yuri.

Karena itu, masker harus dikedepankan sebagai 'senjata' utama. Jika ingin memakai pelindung wajah, jangan menanggalkan penggunaan masker ya, TemanBaik. Tempatkan pelindung wajah sebagai alat tambahan selain penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kita tidak boleh mengandalkan hanya menggunakan face shield saja. Gunakan masker, ini yang penting, dan gunakan masker apapun," imbau Yuri.

Sudah tahu kan TemanBaik bagaimana penggunaan pelindung wajah yang tepat? Tetap cari aman dengan menggunakan masker di saat bersamaan ya jika ingin memakai pelindung wajah.

Selain itu, tetap laksanakan protokol kesehatan ya, mulai dari rajin mencuci tangan dengan sabun, social distancing, physical distancing, makan makanan bergizi, hingga rutin berolahraga untuk menjaga imunitas tubuh.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Engin Akyurt
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler