Ini 4 Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Peralihan Musim

Bandung - TemanBaik, jangan hanya fokus mengantisipasi agar tidak terjangkit COVID-19 saja ya. Sebab, di masa peralihan musim hujan ke musim kemarau ini, ada beberapa penyakit yang cenderung mengalami peningkatan. Apa saja? Simak ulasannya, yuk!

"Saat ini, penyakit yang harus diwaspadai yaitu ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas), DBD (demam berdarah dengue), chikungunya, dan diare," kata Kadinkes Kota Bandung Rita Verita di Balai Kota Bandung, Selasa (14/7/2020).

Di Bandung sendiri angka keempat penyakit itu cukup tinggi belakangan ini. Namun, hal ini juga berlaku secara umum alias tidak hanya di Bandung saja.

Karena itu, kamu perlu waspada dan mengantisipasi agar tidak terjangkit penyakit-penyakit tersebut. Apa saja yang perlu dilakukan?

"Kita harus menjaga daya tahan tubuh kita, menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), makan gizi seimbang, dan tidur dengan waktu yang cukup. Jangan lupa juga jaga kebersihan diri dan lingkungan," tutur Rita.


                                              Foto:Kadinkes Kota Bandung Rita Verita/Oris Riswan Budiana/BeritaBaik.id

Baca Ini Juga Yuk:
 Begini Cara Tepat Memakai Pelindung Wajah untuk Hindari COVID-19

Khusus untuk DBD dan chikungunya yang disebabkan nyamuk, secara khusus ia mengingatkan pentingnya gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Jangan mengandalkan orang lain. Namun, kamu harus aktif menjalankan PSN, terutama di lingkungan rumahmu sendiri.

Menjalankan program 3M Plus juga jadi hal yang sangat penting. Gerakan itu adalah menguras atau membersihkan tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, serta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang jadi potensi tempat nyamuk berkembang biak.

Sedangkan "Plus-nya" mulai dari menaburkan serbuk abate di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat atau lotion antinyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, mengatur ventilasi dan pencahayaan rumah, hingga menghindari kebiasaan menggantung pakaian bekas pakai.

TemanBaik, tetap jaga kesehatan ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/United Nations/Leu Chung
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler