Ingin Mengubah Pola Hidup Menjadi Vegan? Begini Langkah Awalnya

Bandung - TemanBaik, jika di antara kamu ada yang ingin mencoba mengimplementasikan pola hidup vegan, tentu kamu perlu tahu bagaimana caranya. Karena, tubuhmu yang sejak lahir sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan dari produk hewani dan nabati memerlukan masa adaptasi.

Jonathan Fransisco bersama Istrinya Mercy Andrea yang merupakan AFPA Certified Holistic Nutrition mempunyai beberapa tips untuk kamu yang akan memulai menerapkan pola hidup vegan. Penasaran bagaimana? Yuk simak!

Pertama, transisi semalam. Transisi semalam adalah perubahan yang dilakukan seseorang hanya dalam satu malam, yaitu saat seseorang sudah berniat untuk mengubah pola hidupnya menjadi vegan, ia memutuskan untuk langsung berhenti mengkonsumsi produk hewani secara total. 

Cara transisi semalam ini tentu akan membuat tubuh kita terkejut dan merasa tidak nyaman. Jika tubuhmu bisa menoleransi rasa tidak nyaman itu, lanjutkan. Tapi jika tidak, lakukanlah transisi secara perlahan.

Kedua, transisi bertahap. Dalam buku cara mudah menjadi vegan untuk pemula yang Jonathan dan istrinya (Mercy) buat ada dua hal yang bisa kita lakukan dalam transisi bertahap, yaitu baby steps dan relapses.



Baca Ini Juga Yuk:

Baby steps sendiri adalah kita mulai mengubah pola hidup kita dari langkah kecil. Misalnya sebelum menjadi vegan, kita bisa mencoba untuk menjadi pescatarian atau hanya mengkonsumsi ikan. 

Relapses, adalah fase dimana keteguhan kita untuk menjalankan pola hidup vegan diuji. Ada kalanya kita dihadapkan dengan situasi yang membuat kita ragu untuk meneruskan pola hidup ini. Jika itu terjadi, coba tanya dirimu apa yang membuatmu merasa seperti itu. Apakah merasa badan kurang nutrisi? Atau sekadar rindu makanan produk hewani yang dulu rutin dikonsumsi?

Selain itu, situasi relapses juga bisa menjadi tantangan untuk dirimu lebih kreatif mengolah makanan berbahan dasar tumbuhan. Coba cari dan pelajari banyak resep baru ya, TemanBaik!

Ketiga, pastikan dirimu tidak kelaparan. Kebanyakan orang saat mencoba pola hidup vegan hanya asal makan sayur tapi tidak memperhatikan porsi yang mereka makan. 

"Makan sayur sedikit. Tidak mau kenyang karena takut gendut. Asupan kalori tubuh mereka jadi sangat berkurang, karena biasanya dapat kalori banyak dari daging. Itu salah. Kita tetap harus memastikan merasa kenyang dan kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi," ujar Jonathan. 

Berniat untuk mengubah pola hidupmu ke arah yang lebih baik tentu bagus, TemanBaik. Tapi pastikan dirimu mendapatkan cara memulai dan konsisten yang tepat ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/ Ella Olsson


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler