Manfaat Makan Sayur Lebih Banyak Ala Ghea Anisa

Bandung - TemanBaik, apakah kamu sedang berusaha memperbaiki pola makan? Ya, makan sayur lebih banyak, rupanya bakal menghasilkan dampak positif untuk kesehatan tubuh loh!

Beritabaik.id punya kesempatan untuk berbincang dengan Ghea Anisa, pemilik restoran dengan menu plant based Tiasa Plantbased Canteen. Ghea mengaku dirinya saat ini sedang berusaha untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran ketimbang unsur hewani dalam makanan. Keinginan itu tumbuh setelah dirinya didiagnosa mengalami infeksi kelenjar getah bening.

"Semenjak sakit tuh, saya akhirnya menjalani pengobatan. Dalam program penyembuhan itu saya belajar meditasi, olah napas, hingga mengolah asupan ke dalam tubuh (makanan)," terangnya.

Secara personal, Ghea sendiri belum berani memproklamirkan kalau dirinya seorang vegetarian. Ia memilih untuk lebih banyak makan sayur saja ketimbang ramai-ramai memproklamirkan dirinya sebagai vegetarian. Lebih jauh saat ditanya mengenai langkah menjadi vegetarian, Ghea menyebut kebanyakan orang lebih melihat dari sisi apa yang tidak bisa ia makan saat dalam proses menjadi seorang vegetarian. Padahal, apabila pola pikirnya diubah, tiap orang diyakini bisa menikmati lebih banyak sayuran saat makan.

"Enggak perlu terlalu ribet kayak mikirnya save the earth, atau apa gitu, cukup tanamkan dalam diri, kalau kita harus makan sayur lebih banyak. Segitu aja dulu," katanya.



Baca Ini Juga Yuk: Cita-cita yang Jadi Profesi, Perjalanan Berbisnis Ghea Anisa

Adapun tips dari Ghea untuk kamu yang sedang mencoba memperbaiki pola makan adalah dengan melakukannya secara bertahap. Misalnya, dalam dua hari kamu makan sayuran tanpa daging, lalu satu hari makan bebas. Intensitas tersebut bisa kamu tingkatkan menjadi tiga hari, empat hari, satu minggu, hingga akhirnya kamu benar-benar seutuhnya menjadi penikmat sayuran.

Selain itu, Ghea menyebut dalam proses menjadi seorang vegetarian, seseorang idealnya mengimbangi kebiasaan makan dengan minum air putih 2-3 liter per harinya, dan juga rutin berolahraga. Olahraga yang dipilih pun menurutnya tak perlu olahraga yang rumit. Kamu cukup mencari jenis olahraga yang mudah, sesuai, dan bisa kamu lakukan walau hanya 15 hingga 30 menit saja.

Kendati baru mengubah pola makan menjadi vegetarian sekitar satu setengah tahun lalu, Ghea menyebut ada banyak hal positif yang bisa ia dapatkan. Hal-hal itu berkaitan dengan kondisi kesehatan Ghea yang beberapa saat lalu sempat memburuk karena pola makannya yang sembarangan.

"Biasanya kalau udah sore itu suka migrain, dan lucunya, saya itu badan sering kerasa berat banget sampai dua kali seminggu harus banget dipijat. Tapi setelah ngubah pola makan, keluhan-keluhan kayak begitu tuh enggak ada lagi," jelasnya.

Saat ini, Ghea sedang coba mengajak lebih banyak orang untuk mengonsumsi sayuran. Selain dengan membuka restoran plant based Tiasa Plantbased Canteen, wanita berusia 29 tahun ini juga berupaya mengedukasi pengikutnya di media sosial. Ia menyebut istilah edukasi yang digunakannya sebagai casual education.

"Pelan-pelan aja, ngajakin orang terdekat. Enggak dulu untuk jadi vegetarian atau vegan ya, tapi untuk lebih banyak makan sayur. Karena manfaatnya banyak banget," tutup Ghea.

TemanBaik, coba kamu hitung, berapa kali dalam seminggu kamu makan sayur? Nah, apabila kamu berencana mengubah pola makanmu, cara bertahap seperti saran Ghea tadi bisa kamu coba loh! Selain itu, jangan lupa imbangi asupanmu dengan hal-hal penting lainnya seperti air putih yang cukup dan berolahraga. Sehat selalu, ya!

Foto: Tiasa Plantbased Canteen Menu/dok. Ghea Anisa


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler