Begini Tips untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan ala 'Muara'

Bandung - TemanBaik, menjaga lingkungan sudah jadi hal yang wajib kita lakukan sebagai makhluk hidup yang diberikan kemampuan untuk berpikir. Hal ini tentu demi menjaga kenyamanan kita sebagai salah satu bagian yang menempati lingkungan tersebut.

Tetapi sayangnya, belum banyak orang-orang yang menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan. Apalagi, bila lingkungan sekitar kita rusak dan tak dijaga dengan baik, dampaknya tentu akan berkepanjangan hingga ke masa depan nantinya, loh!

Pasti TemanBaik tidak mau hal ini terjadi dan nantinya malah merasakan lingkungan yang kurang nyaman untuk ditinggali. Hal ini menjadi salah satu pembahasan seminar daring (webinar) yang diselenggarakan oleh tim Liceanglo. Tim berisikan mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Padjadjaran (Unpad) di tahun 2020 ini.

Mengusung judul 'Let’s Save The Ocean Togethertim Liceanglo ingin mengangkat tema lingkungan terutama ekosistem air yang harus lebih diperhatikan kebersihan dan kenyamanannya. Hal ini terutama di Indonesia sebagai negara kepulauan yang 75% wilayahnya terdiri dari lautan.


                                    Foto: Tangkapan Layar Webinar 'Let’s Save The Ocean Together'/Ridzky Rangga Pradana 

Baca Ini Juga Yuk: Mengenali Lebih Dekat Ekosistem Air & Potensi Kelautan Indonesia

Hadir sebagai salah satu narasumber, adalah Bagus Unggul Pranoto. Ia merupakan pendiri dari platform 'Muara', atau di Instagram dikenal lewat akun @suaramuara. 'Muara' adalah sebuah non-govermental organization (NGO) yang berfokus untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan khususnya ekosistem sungai.

Lewat webinar ini, Bagus menjelaskan tentang betapa pentingnya untuk mulai peduli dengan lingkungan sejak sedini mungkin. Pengalaman Bagus yang melihat sendiri Taman Hutan Raya Djuanda yang cukup dipenuhi oleh sampah, menggerakkan dirinya untuk membuat 'Muara'.

Pada webinar tersebut, Bagus juga menambahkan tips agar TemanBaik dapat ikut membantu menjaga kelestarian lingkungan agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman. Berikut tips dari 'Muara' yang dapat diikuti oleh TemanBaik. Yuk! simak penjelasannya.

Pertama, adalah edukasi diri. Edukasi diri menjadi hal penting sebagai dasar kita ketika ingin mulai membantu menjaga kelestarian lingkungan. Mungkin sejak dari bangku sekolah hingga kuliah, kita telah banyak mempelajari tentang Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Nah, itu adalah bagian dari edukasi diri yang sangat diperlukan untuk mulai berkontribusi untuk lingkungan.

Kedua, tentu mengimplementasikannya. Jadi, setelah TemanBaik tahu tentang lingkungan dan bagaimana cara merawatnya, mari mulai turun ke lapangan untuk mempraktikkannya.

"Jadi enggak cuma tahu doang, tapi juga kita convert pengetahuannya tadi menjadi suatu aksi yang bisa berguna, baik diri sendiri maupun orang lain," tambah Bagus.

Ketiga, mulai edukasi orang lain. Mulai dari membagikan ilmu dan informasi yang kita dapat hingga mengajak untuk turun ke lapangan bersama adalah salah satu cara yang baik untuk mulai mengedukasi orang lain. Semakin banyak orang yang peduli terhadap lingkungan, tentu kemungkinan lingkungan menjadi lebih bersih dan nyaman juga tinggi.

"Banyak sih caranya. Temen-temen bisa secara langsung, ngomong ke temen-temen lainnya kalau 'saya dapet ilmu ini loh'. Bisa sharing juga di sosial media. Kita enggak harus nunggu jadi expert dulu sebenernya, namun memang banyak yang harus dipelajari. Tapi, sharing sedikit juga bisa berdampak, loh," ujar Bagus.

Keempat, alligned your passion. Memang, masih sedikit orang yang memiliki passion di bidang lingkungan. Tapi ketika menjaga kelestarian lingkungan mulai menarik minat TemanBaik, alangkah baiknya untuk coba diselaraskan dengan passion. Karena biasanya ketika mengerjakan apa yang jadi passion TemanBaik, hal ini akan menjadi menyenangkan.

Contoh, passion TemanBaik adalah berdagang atau berjualan. Cobalah gunakan kemasan yang ramah lingkungan karena TemanBaik peduli akan lingkungan.

Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi TemanBaik yang ingin mulai untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Karena lingkungan yang sehat dan nyaman akan berdampak positif juga bagi makhluk hidup yang mengisinya. Jadi, ayo jaga lingkungan bersama ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Daniil Silantev

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler