Mengembangkan Potensi Diri untuk Menunjang Karier di Masa Depan

Bandung - TemanBaik, seiring berjalannya waktu, kita pun beranjak dewasa. Fase dewasa membawa kita mulai memasuki tahap bekerja dan mempunyai rencana karier untuk masa depan. 

Seringkali di antara kita masih mencampuradukkan antara pekerjaan yang kita miliki saat ini dan karier kita. Padahal bisa jadi kedua hal tersebut berbeda loh, TemanBaik.

Untuk menjawab kegundahan terkait pekerjaan dan karier yang dirasakan oleh banyak orang terutama generasi muda, tercetus acara webinar yang diselenggarakan oleh Kampus Update berkolaborasi dengan Limitless.co dengan judul 'Your Job is Not Your Career. Now What to Do?'.

TemanBaik, apa yang ada di benakmu saat mendengar kata 'Profesional'? Apakah seseorang yang bekerja dengan pakaian formal dan memiliki kantor yang mewah? Jika iya, itu kurang tepat. 

Menurut Rene Suhardono, pembicara webinar tersebut sekaligus founder Limitless.co, profesional adalah bagaimana seseorang menetapkan janjinya kepada publik. Pada dasarnya, menjadi profesional dimulai dari belajar.

"Misalnya kamu ingin jadi petani, maka kamu harus belajar dengan petani. Setelah belajar barulah kamu bisa berjanji pada publik kalau kamu sudah mampu bekerja jadi petani sesuai apa yang sudah kamu pelajari," ujar Rene. 


                                 Foto: Tangkapan Layar 'Your Job is Not Your Career. Now What to Do?'/Irsya Kireina

Baca Ini Juga Yuk: Pentingnya Menjalani Hubungan yang Sehat untuk Fisik dan Mental

Selain soal profesional, ternyata masih banyak orang yang menyamakan pekerjaan dan kariernya. Padahal jika diibaratkan, pekerjaan adalah alat. Sedangkan karier adalah bagaimana seseorang totalitas dalam keprofesionalan yang dimilikinya. 

"Kita bisa dipecat karena pekerjaan kita. Tapi kita tidak bisa dipecat oleh karier kita. Your career is you," tegas Rene.

Lantas, apa maksud dari karier sebagai totalitas profesional seseorang? Rene menjelaskan, bahwa manusia lahir dengan kekhususan yang berbeda-beda. Karier kita bisa terbentuk jika kita sadar akan potensi yang kita miliki dan kita totalitas dalam menjalankannya. Jadi karier bisa berangkat dari pemahaman kita akan diri sendiri.

Pekerjaan bisa menjadi satu batu loncatan untuk kita mengembangkan skill yang kita miliki. Menurut Rene, kemampuan hanya anak tangga pertama untuk berkarya. Untuk mencapai tingkat profesional atau piawai melakukan sesuatu, seseorang harus melewati banyak anak tangga atau terus berkarya.

Selain terus meningkatkan skill yang kita miliki, ternyata mempunyai network atau jaringan pertemanan yang berkualitas juga penting loh, TemanBaik. Keberadaan teman seringkali membantu kita untuk membentuk dan menentukan jalan hidup.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk menunjang karier kita adalah berani memperlihatkan potensi yang kita miliki, fokus terhadap apa yang kita kerjakan, dan jangan membandingkannya dengan orang lain.

Rene menambahkan, bahwa dalam menjalani hidup kita seringkali terjebak dalam istilah Have, Do, Be atau kita baru mau melakukan dan menjadi sesuatu setelah mendapatkan sesuatu terlebih dahulu. "Misalnya, baru mau melakukan perubahan jika sudah jadi bos, sudah diangkat jadi atasan," terang Rene.

Padahal seharusnya, kita membalik istilah tersebut menjadi Be, Do, Have atau melihat dulu potensi dalam diri kita kemudian merasa berdaya untuk melakukan sesuatu. Barulah nanti akhirnya kita mendapatkan apa yang pantas didapatkan. 

"Mencoba jadi versi terbaik dari diri kita. Jangan mengharapkan pujian dari orang lain," tambah Rene. 

Rene juga mengingatkan untuk tidak terlalu terpatok pada perasaan suka dan tidak suka dalam mencari pekerjaan dan menyusun rencana karier. Karena rasa suka dan tidak suka adalah hal yang bisa diatur.

"Nikmati setiap proses yang dijalani. Coba bersyukur dan sabar. Apapun yang terjadi dalam hidup pasti ada maksudnya. Coba untuk kontrol sendiri kalau sedakar perasaan suka dan tidak suka," ujar Rene. 

Pada akhirnya, kitalah yang menentukan sendiri bagaimana jalan hidup kita. Dengan terus berusaha, berkarya, dan fokus pada setiap potensi yang kita miliki, maka itu adalah salah satu upaya untuk terus berkembang. 

TemanBaik, kalau saat ini kamu masih mencari apa karier yang cocok denganmu untuk masa depan tidak masalah. Tapi ingat, jangan patah semangat untuk terus mencoba dan berani menunjukkan potensi yang kamu miliki ya! 

Foto: Ilustrasi Unsplah/Ben White

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler