Selesa Living, Produsen Perlengkapan Sehari-hari Ramah Lingkungan

Bandung - Mencintai lingkungan dan alam memang sudah sepatutnya dilakukan oleh semua orang, agar keberlangsungannya tetap terjaga dengan baik. Mengubah pola hidup menjadi serba ramah lingkungan tak dapat dilakukan dengan instan. Namun, tak ada salahnya untuk memulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita.

TemanBaik, apakah di antara kamu ada yang sedang memulai mempelajari hal-hal yang bersifat ramah lingkungan? Ternyata, mulai dari gaya hidup hingga produk dari perlengkapan yang kita gunakan sehari-hari dapat menjadi cara kita untuk memulai hidup ramah lingkungan, loh.

Gerakan hidup ramah lingkungan ini di banyak negara sudah banyak digalakan, termasuk Indonesia. Contoh gerakan hidup ramah lingkungan di Indonesia salah satunya adalah meminimalisir penggunaan plastik agar mengurangi sampah plastik yang sulit terurai.

Sebenarnya, banyak produk atau perlengkapan sehari-hari yang bahan bakunya sudah menggunakan bahan ramah lingkungan. Hal inilah yang menjadi nilai utama dari produk Selesa Living. Sebuah merek dagang yang mencoba mempopulerkan penggunaan alat atau perlengkapan untuk kebutuhan sehari-hari yang berbahan dasar ramah lingkungan.

Selesa Living hadir dengan membawa gagasan dari nama merek mereka sendiri. Kata 'selesa' yang berarti luas, lega, dan leluasa ini menjadi maksud dari produk yang memberikan kesan tersendiri terhadap lingkungan. Hal ini juga disampaikan oleh sang pendiri dan penggagas merek ini, yaitu Rahma Neysa Melina atau akrab disapa Neysa.



Baca Ini Juga Yuk: Ini 4 Modal Penting yang Perlu Perempuan Masa Kini Lakukan

Neysa menjelaskan bahwa maksud awal ia mendirikan Selesa Living dengan berbagai produknya adalah kepedulian terhadap lingkungan. Neysa berharap bahwa lewat Selesa Living ini orang-orang dapat mulai mengenal merek-merek yang menyediakan produk alternatif yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, Selesa Living juga berniat untuk mensejahterakan para pengrajin lokal yang sekarang mulai tergeser oleh produk dari pabrik-pabrik besar.

"Pengennya sih ya, Selesa Living ini menjadi merek yang benar-benar alternatif buat orang-orang. Pengen memberikan opsi lain dengan produk-produk yang ramah lingkungan dan benar-benar dibuat oleh pengrajin lokal, agar semoga bisa mensejahterakan bangsa sendiri," ungkap Neysa.

Arti ramah lingkungan yang coba mereka sampaikan melalui produknya adalah dengan mengurangi penggunaan barang yang 'pakai lalu buang' dan tentu mengurangi penggunaan plastik. Seiring dengan kesadaran masyrakat akan lingkungan mulai muncul, Neysa lewat Selesa Living ini mencoba memfasilitasi kesadaran-kesadaran ini.

"Karena kesadaran akan lingkungan muncul, alhamdulillah-nya itu sih dan terkadang juga karena banyak yang telah terjadi di bumi ini, kejadian yang merusak lingkungan, jadi kesadarannya mulai muncul. Kali, ya," tambah Neysa.

Ada beberapa produk yang telah Selesa Living buat dan pasarkan, yang pertama adalah 'Micko Pad'. Sebuah bantalan berbentuk lingkaran pengganti kapas untuk menghapus dan membersihkan makeup berbahan microfiber. 'Micko Pad' ini bisa dicuci dan dipakai kembali, jadi TemanBaik tak perlu buang-buang kapas yang banyak ketika menghapus makeup.


Porduk kedua adalah sikat gigi dengan nama 'Awi' yang berbahan dasar bambu, bukan plastik. Bahan bambu ini lebih ringan dan tentu berbahan ramah lingkungan, juga ada tabung khusus terpisah yang berbahan dasar bambu juga, tempat menyimpan sikat gigi 'Awi' ini. Jadi, TemanBaik dapat mengurangi penggunaan plastik yang dihasilkan dari penggunaan sikat gigi, loh.

Produk berikutnya dan yang terbaru ada sabun batang yang diberi nama 'Cikopi'. Sesuai namanya, sabun batang Cikopi ini berbahan dasar kopi organik dan sehat untuk kulit. Bulir kopi dapat menjadi bahan yang membuat kulit halus dan tidak memberikan efek kering setelah pemakaian.

Nah, TemanBaik sudah mulai tertarik buat hidup ramah lingkungan? Ternyata bukan hanya lewat kegiatan saja, tetapi penggunaan alat dan kebutuhan sehari-hari juga bisa mulai diganti dengan yang lebih ramah lingkungan, loh. TemanBaik bisa cari produknya di instagram @selesaliving ya!

Foto: dok. Pribadi/Rahma Neysa Melina & @selesaliving

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler