Bantu Jaga Bumi dengan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Bandung - TemanBaik belakangan ini, bumi kita tercinta tempat kita tinggal sudah mulai banyak diterpa oleh banyak permasalahan kerusakan lingkungan. Dari mulai pemanasan global, penumpukan sampah dengan material yang sulit di urai, dan perubahan iklim yang membuat bumi kita semakin panas.

Permasalahan di atas setidakya pasti pernah TemanBaik temukan di berbagai media massa maupun akun media sosial, atau bahkan terjadi di lingkungan terdekat kita. Saat ini, sudah banyak juga orang-orang yang menyuarakan hal ini, baik lewat akun media sosial pribadi maupun akun milik organisasi-organisasi yang kesasadarannya makin tumbuh terkait pentingnya menjaga lingkungan.

Tetapi, apakah untuk membantu menjaga dan menyelamatkan bumi kita kerusakan lingkungan kita perlu ikut di gerakan yang besar atau organisasi terlebih dahulu? Hal tersebut benar, tapi mungkin tak semua orang bisa langsung berani untuk melakukan hal itu.

Nah, buat TemanBaik yang ingin membantu menyelamatkan lingkungan tempat kita tinggal ini, bisa dimulai dari hal kecil, loh. Gaya hidup ramah lingkungan atau sustainable living ini bisa kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari.

Gaya hidup yang mengedepankan pengurangan sampah plastik ini sebenarnya makin berkembang sejak beberapa tahun kebelakang. Baik dari sisi kesadaran publik atau pun pengembangan-pengembangan produk dan teknologi yang ramah lingkungan. Hal tersebut sejalan dengan data yang dikutip dari berbagai sumber, menyoal sampah plastik yang setiap tahunnya menjadi permasalahan lingkungan yang paling besar. 

Baca Ini Juga Yuk: Selesa Living, Produsen Perlengkapan Sehari-hari Ramah Lingkungan

Gaya hidup ramah lingkungan ini sebenarnya enggak "ribet", bahkan mudah untuk diikuti, loh TemanBaik. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu menyelematkan bumi kita ini dapat dilakukan mulai dari mengganti produk yang kita gunakan sehari-hari dengan yang ramah lingkungan, mencoba beralih ke makanan organik, dan mencoba memulai menanam tanaman-tanaman di rumah.

Hal ini juga yang jadi alasan Rahma Neysa Melina atau akrab disapa Neysa, pemilik dari merek yang memproduksi barang-barang ramah lingkungan Selesa Living. Neysa menganggap bahwa sebenarnya banyak orang sudah mulai sadar tentang bahaya yang mengintai bumi kita lewat isu kerusakan lingkungan yang banyak macamnya ini. Tetapi, terkadang orang-orang masih bingung apa yang harus dilakukan.

Neysa mendirikan Selesa Living dengan maksud ingin memberi tahu masyarakat, bahwa sebenarnya sudah ada bahkan sudah banyak loh produk-produk alternatif untuk perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Contoh produk-produk ini ada alat pembersih makeup yang dapat dicuci dan dipakai ulang, sehingga tak membuang kapas terlalu banyak. Ada sikat gigi berbahan dasar bambu yang lebih ringan yang ramah lingkungan, tanpa menggunakan plastik dan ada sabun batang berbahan dasar kopi organik yang lebih ramah lingkungan.

Pada akhirnya, membantu bumi kita dengan gaya hidup ramah lingkungan sebenarnya memang perlu dan sangat perlu, tetapi ada baiknya untuk bertahap agar lebih paham tentang situasi yang sedang terjadi di bumi kita ini. Hal ini juga dipaparkan oleh Neysa, sebagai salah satu dari sekian banyak orang yang telah menjalankan gaya hidup ramah lingkungan.

"Mulai aja lakuin kebiasaan yang sederhana, semudah mengganti produk-produk yang biasa dipakai harian dengan yang lebih ramah lingkungan. Mulai cari tahu aja info-info lingkungan juga sih. Karena dari cari tahu info lingkungan kita jadi kaya 'eh iya ya segininya lingkungan kita,' jadi mulai sadar aja gitu," jelas Neysa.

Nah, TemanBaik jadi ayo bantu bumi kita nih agar tak semakin rusak dan semakin mengkhawatirkan lingkungannya. Ayo, mulai dari hal-hal kecil dan ajak orang-orang di sekitar TemanBaik untuk menjaga lingkungan bumi kita ini.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Eco Panda

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler