Begini Cara Merawat Tanaman Hidup dalam Ruangan Tertutup

Bandung - TemanBaik, menaruh tanaman hidup di dalam ruangan ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak loh. Selain bisa mempercantik sudut rumahmu, adanya tanaman hidup juga dapat menumbuhkan perasaan rileks, melatih kesabaran, serta tanaman dapat membantu membersihkan udara ruangan dengan cara alami. 

Namun tentu saja tanaman sebagai makhluk hidup harus kita rawat dan jaga agar tumbuh dengan sehat. TemanBaik pun makan makanan bergizi agar tetap sehat, bukan? 

Agar tanaman hidup dalam rumahmu dapat tumbuh dengan sehat, Beritabaik.id bersama Adawiyah Riwan seorang pemilik merek tanaman hidup bernama Nanem Taneman punya tips nih buat kamu. Yuk simak biar TemanBaik makin semangat bercocok tanam!

Baca Ini Juga Yuk: Percantik Rumah dengan Tanaman Hidup Ala 'Nanem Taneman'

Pertama, kamu bisa mulai dari memilih jenis tanaman yang tepat. Salah satu tanaman yang cocok untuk disimpan dalam ruang tertutup adalah aneka jenis sansievera atau lebih akrab dikenal sebagai tanaman lidah mertua. 

Apalagi untuk TemanBaik yang baru saja mulai terjun ke dunia bercocok tanam, sepertinya memperhatikan jenis tanaman yang dipilih sangat penting ya agar kamu lebih mudah merawatnya. 

Selanjutnya, tentu dengan rutin menyiramnya. Walaupun disimpan dalam ruangan, bukan berarti tanaman tidak perlu diberikan "minum" ya, TemanBaik. Air merupakan komponen penting untuk tanaman, salah satunya dapat membantu proses fotosintesis. 

"Siram tanaman secara rutin satu minggu dua kali," jelas Adawiyah. 

Ketiga, TemanBaik juga perlu memberikan komponen pendukung lain untuk pertumbuhan tanaman. Seperti vitamin atau pupuk, dan pestisida. 

Vitamin atau pupuk dapat merangsang adanya tunas baru dalam tanaman dan tentu membuat tanaman menjadi lebih sehat. Sedangkan pestisida berguna untuk mencegah datangnya hama. TemanBaik tidak mau bukan ada hama seperti ulat di tanaman hidup dalam rumahmu?

Nah selain itu, TemanBaik juga dapat memberikan pengkilap daun agar tanamanmu terlihat cantik, segar, bersih, dan tentu mengkilap.

Keempat, melakukan  pergantian tempat penyimpanan tanaman. Walaupun jenis tanaman yang kamu rawat cocok untuk disimpan dalam ruangan, bukan berarti ia tidak memerlukan cahaya matahari. 

"Saran saya mesti rajin dan rutin melakukan pergantian tempat penyimpanan. Tanaman dibawa ke area luar untuk sedikit terkena matahari dan angin. Karena tumbuhan makhluk hidup yang tetap butuh cahaya matahari untuk proses fotosintesis," terang Adawiyah. 

Terakhir, ajak bicara tanamanmu. Ya, TemanBaik, tanaman juga perlu sering diajak bicara agar bisa tumbuh dengan lebih sehat. "Selayaknya makhluk hidup, tanaman akan hidup lebih baik bila kita sering ajak ngobrol sambil dirawat dengan penuh kasih sayang," tambah Adawiyah.

Kepada Beritabaik.id, Adawiyah juga mengingatkan TemanBaik jika perlu konsisten untuk rutin merawat tanaman. Jangan sampai hanya semangat diawal, tetapi lama-kelamaan enggan untuk merawatnya. Bisa-bisa bukannya tumbuh dengan sehat, tanamanmu justru layu dan mati. 

"Biar bagaimanapun tanaman itu perlu dirawat, diperhatikan penyiramannya, pemupukannya, sampai pencahayaan mataharinya," ujar Adawiyah. 

Konsisten merawat ini juga perlu dibarengi dengan kemauan TemanBaik untuk belajar dan rajin membaca berbagai informasi yang berkaitan dengan merawat tanaman hidup. Diakui Adawiyah, banyak membaca dan memperkaya diri dengan pengetahuan seputar tanaman dapat meminimalisir kepanikan saat tanaman tiba-tiba layu. 

Bagaimana TemanBaik, mudah bukan bercocok tanam walau hanya dari dalam rumah? Intinya, jangan lupa untuk rawat tanamanmu dengan penuh kasih sayang ya. Selamat bercocok tanam!

Foto: dok. Nanem Taneman /instagram.com/nanemtaneman

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler