Cemas Akan Pandemi? Coba Terapkan Hal Ini

Bandung - TemanBaik, dengan kondisi pandemik yang masih belum mereda, wajar jika sebagian dari kita masih merasa cemas dengan hal tersebut. Lalu, bagaimana cara sih cara mengatasi kecemasan ini? Yuk, simak penjelasannya!

Beritabaik.id berkesempatan untuk berbincang dengan psikolog Ayu S. Sadewo. Ia menyebut ada beberapa paradigma tentang kecemasan dalam diri seseorang yang perlu diubah. Menurutnya, kecemasan tak perlu dihilangkan, namun keterbukan diri kita saat menghadapi kecemasan itulah yang perlu dilakukan.

"Jadi bukan menghilangkan cemas, tapi memperbesar jendela toleransi kita terhadap kecemasan," terangnya.

Ayu kemudian membocorkan salah satu teknik yang bisa kamu coba untuk memperbesar jendela toleransi terhadap kecemasan tersebut. Ia menyebut teknik itu dengan istilah Go Inside. Caranya adalah dengan duduk diam untuk menyapa diri sendiri dan menyatukan tubuh dan pikiran kita.


Baca Ini Juga Yuk: 'Bach Flower Remedies', Khasiat Bunga untuk Kesehatan Mental

Selain itu, hal yang juga perlu dilakukan saat mengatasi kecemasan adalah tetap bergerak. Ayu menyebut, banyak riset yang menunjukkan pentingnya bergerak terhadap peningkatan hormon kebahagiaan. Kamu bisa melakukan banyak gerak dalam aktivitas harianmu, selama tetap menerapkan protokol kesehatan ya.

"Keep moving itu perlu dilakukan, ya. Tapi ingat bahwa mind body connected, jadi juga tetep perlu menjaga kesehatan fisik," pesan Ayu.

Hal-hal sederhana lainnya seperti pencarian hobi baru atau menyiapkan rencana dan target jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dalam hidupmu juga bisa jadi salah satu cara meredam kecemasanmu.

Saat ini, banyak potensi kesenangan baru yang mungkin bisa jadi hobi barumu. Sebut saja seperti ternak ikan cupang, memelihara tanaman, atau jika ingin merogoh kocek lebih dalam, kamu bisa menjadikan sepeda sebagai alat penyalur hobimu.

Lebih lanjut, praktisi metode Bach Flower Remedies ini mengaku belakangan ini banyak klien-klien yang datang kepadanya dengan membawa isu diri takut, cemas, dan bosan. Bach Flower Remedies itu sendiri merupakan metode terapi kesehatan mental yang direkomendasikan apabila kamu merasa perlu bantuan profesional saat melawan kecemasan.

Dalam metode ini, nantinya kamu akan diberikan flower remedies atau obat yang berasal dari bunga. Obat tersebut akan merujuk pada isu-isu yang kamu ceritakan dalam sesi konsultasi dengan terapis Bach Flower Remedies ini. Ada yang tertarik mengikutinya?

Namun kendati begitu, jika kamu merasa belum perlu bantuan profesional, pada dasarnya menghadapi kecemasan itu bisa dilakukan oleh diri kita sendiri. Misalnya dengan metode-metode yang disebutkan Ayu tadi, termasuk dengan cara mengembangkan hobi baru tadi.

Nah, sekarang coba sebutkan, siapa di antara kamu yang menemukan hobi baru selama pandemi ini? Apa saja hobimu?

Foto: Ilustrasi Unsplash/Ümit Bulut

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler