Perhatikan Ini Sebelum Memelihara Kura-kura

Bandung - TemanBaik, ada yang ingin memelihara kura-kura? Jika kamu berniat membelinya untuk dipelihara, bekali dulu dirimu dengan pengetahuan soal cara merawat kura-kura ya.

Tujuannya agar kura-kura yang nantinya kamu pelihara bisa hidup dan berkembang dengan baik. Sebab, salah penanganan atau perawatan bisa berakibat fatal. Apa saja yang harus diketahui?

1. Pastikan Jenis Kura-kura
Ini hal utama yang perlu kamu tahu dari kura-kura yang akan kamu pelihara. Pastikan jenisnya dulu ya.

Menurut kurator Kebun Binatang Bandung Panji Ahmad, kura-kura terbagi ke dalam tiga jenis. Ada kura-kura darat, kura-kura air, dan kura-kura yang hidupnya di dua alam (darat dan air). Ini akan menentukan kandang seperti apa yang pas untuknya.

Prinsipnya, tetap sediakan area yang terdapat air bagi kura-kura untuk berendam atau berenang. Namun, besaran arena berair ini harus disesuaikan dengan jenis kura-kura.

Untuk kura-kura darat, area berair yang disediakan dikira-kira saja ya. Yang penting cukup bagi kura-kura untuk berenang. Sebab, sesekali kura-kura darat juga butuh berendam atau berenang.

Untuk kura-kura yang biasa hidup di darat dan air, pastikan di area kandang memiliki area berair yang cukup luas dibanding ukuran tubuhnya. Sehingga, kura-kura itu bisa leluasa kapanpun berenang atau beraktivitas di daratan.

"Lalu untuk jenis kura-kura yang full hidup di air seperti bulus atau labi-labi, itu enggak usah dikasih daratan. Yang penting ada bagian di mana dia bisa naik ke permukaan. Tapi intinya di situ lebih banyak air," kata Panji kepada BeritaBaik.id.

Khusus untuk kura-kura air, pastikan lebih detail ya apakah itu kura-kura air tawar atau air laut. Sebab, salah memberikan air akan berpotensi membuat umurnya pendek. Contohnya, jenis kura-kura yang biasa hidup di laut, tak akan bertahan lama jika hidup di air tawar.



Baca Ini Juga Yuk: Peran Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

2. Pastikan Airnya Berkualitas
Agar kura-kura bisa hidup dengan baik, area berair harus memiliki air yang berkualitas. Airnya jangan sampai terlalu keruh, apalagi mengandung amonia yang tinggi.

Untuk menunjang agar airnya jernih, kamu disarankan memasang filter atau penyaring air yang biasa digunakan pada akuarium. Dengan begitu, kejernihan air bisa lebih terjaga. Namun, jangan lupa ganti filter air secara berkala ya.

Soal kandang, tidak ada aturan baku bagi kura-kura harus seperti apa. Yang terpenting adalah terdapat bagian berair di dalamnya. Ditempatkan di dalam akurarium atau tempat terbuka pun tak masalah.

"Untuk kandangnya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera saja," jelas Panji.

3. Ketahui Makanannya
Ini juga tak kalah penting. Kamu wajib mengetahui makanan apa yang tepat untuk kura-kura yang akan dipelihara. Jangan sampai kura-kura diberikan makanan yang enggak tepat. Sebab, ada kura-kura yang makanan utamanya daging dan sayuran. Ada juga yang gemar makan keduanya.

Pelet untuk kura-kura juga bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Namun, tetap pastikan peletnya itu cocok bagi kura-kura.

4. Jangan Lupa Menjemurnya
Coba deh cari tahu soal kura-kura yang akan dipelihara, setiap kapan dan berapa lama dia perlu dijemur agar terkena sinar matahari. Sebab, sinar matahari ini dibutuhkan bagi kura-kura. Selain mencegah batok atau cangkangnya berjamur, sinar matahari dibutuhkan untuk membuat cangkangnya menjadi lebih keras secara bertahap.

"Paling sering kasusnya itu (cangkangnya) jamuran karena enggak dijemur secara alami. Kura-kura itu butuh sinar matahari secara langsung," tutur Panji.

Sudah tahu kan TemanBaik tips sebelum membeli kura-kura? Jadi, pastikan dulu hal-hal di atas kamu ketahui ya agar kura-kura peliharaanmu nanti bisa hidup dengan baik.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler