Mengenali Sumber Stres dalam Diri Kita

Bandung - TemanBaik, dengan kondisi seperti sekarang ini, tekanan psikologis dan mental rasanya cukup rentan menghampiri dalam kehidupan. Tekanan yang biasa disebut stres ini memang menjadi masalah yang tak mengenal waktu dan tempat.

Stres dapat terjadi di kehidupan manusia, apapun masalahnya. Stres sendiri merupakan sebuah persepsi dan respon fisiologis atau psikologis terhadap penyebab stres. Baik dari sisi internal maupun eksternal di dalam kehidupan kita. Apakah TemanBaik belakangan ini sedang merasakan stres?

Stres adalah masalah yang cukup pelik. Semua tergantung pada pribadi manusia dalam menghadapi penyebab stres tersebut. Pasalnya, stres bukan hanya mengganggu pikiran kita saja, tetapi stres melibatkan perubahan yang mempengaruhi hampir setiap sistem tubuh, perasaan hati, bahkan perilaku manusia terhadap orang lain.

Tak jarang kita menjumpai rekan kerja, atau keluarga kita yang sedang mengalami stres, ternyata dapat menyebabkan penyakit bagi bagian tubuh yang nantinya menjadi 'biasa' hadir tiap kali stres melanda. Contoh lainnya ketika kita menyapa teman yang biasanya ramah dan baik, namun pada suatu waktu ia malah tidak ramah, bahkan cenderung marah. Mungkin Ia sedang memikirkan sesuatu hingga stres.

Nah, hal inilah yang harus dikenali oleh TemanBaik, sebenarnya stres itu bersumber dari mana, dan biasanya memikirkan hal apa aja sih. Beritabaik.id berkesempatan untuk hadir dalam seminar daring yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan Tanoto Scholars Association (TSA) Universitas Andalas. Seminar daring ini berjudul "Why Stress Management and Resillience Matter in the Time of Uncertainty" dan diadakan pada Kamis (27/8) lalu.

Pada sesi pertama ada Analisa Widyaningrum, seorang psikolog dan pendiri Analisa Personality Development Center (APDC). Menurut Analisa, dari berbagai seminar yang telah ia hadiri, biasanya ada 5 poin sumber stres yang sering terjadi di berbagai lapisan masyarakat.

"Jadi, ini adalah survei yang saya lihat, ini 5 hal yang sering saya temukan di webinar-webinar saya. Mau kerja di manapun, kuliah dimanapun sama. Semua memikirkan kesehatan, finansial, sekolah anak, pekerjaan, dan yang paling terakhir adalah hubungan jarak jauh," tutur Analisa.

Yuk, coba kita tengok 5 poin ini secara lebih mendalam, TemanBaik!

Kesehatan
Kesehatan jadi poin pertama yang dapat menjadi sumber stres, terutama di era pandemi seperti sekarang ini. Di era sekarang, semua harus serba steril dan mementingkan kesehatan lewat berbagai macam protokol. Tapi, hal ini juga bisa menjadi sumber stres TemanBaik bila terlalu banyak dipikirkan. Cukup taati aturan dan protokol yang ada secara lengkap, dan minimal mengingatkan diri sendiri akan pentingnya kesehatan. Ketika berada di tempat umum, selalu maksimalkan sterilisasi agar masalah kesehatan ini tak terlalu menjadi sumber stres kita. Jaga kesehatan sehari-hari dengan makan teratur, tidur cukup, dan juga rajin berolahraga.

Finansial
Sumber stres satu ini memang tidak mengenal usia, tingkat pendidikan, maupun tingkat ekonomi seseorang. Finansial memang selalu menjadi bahan pertimbangan yang harus dipikirkan secara mendetail, agar bisa bertahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Solusi dari sumber stres secara finansial ini sebenarnya cukup mudah TemanBaik. Coba mulai data secara detil dan lengkap pemasukan dan pengeluaran, mulai dari perhari hingga perbulan. Nantinya TemanBaik bisa mengatur keuangan dan menabung untuk tabungan di masa depan, deh!

Sekolah Anak
Kalau sumber stres yang satu ini tentunya hadir di kehidupan orang tua yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Pengasuhan anak juga kerap menjadi sumber stres, apalagi bila berhubungan dengan sekolah. Sekolah sebagai tempat anak belajar sehari-hari selain di rumah bisa menjadi pikiran orang tua.

Baca Ini Juga Yuk: Peduli Lingkungan dengan Manajemen Sampah yang Bertanggung Jawab

Takut anak belajar yang belum semestinya, atau takut anak tak belajar seperti seharusnya. Mulai dengan komunikasi kepada anak dan berikan pelajaran di rumah semaksimal mungkin, jadi ketika di sekolah anak dapat menerapkan juga hal-hal yang ia pelajari di rumah. Bila sudah pulang sekolah, tanya apa yang anak pelajari di rumah lalu diskusikan agar anak lebih terbuka kepada orang tua.

Pekerjaan
Namanya pekerjaan, tentu bisa jadi salah satu sumber stres TemanBaik. Selain yang berhubungan dengan finansial yaitu gaji, ada juga sumber stres yang murni dari tingkat pekerjaan itu sendiri. Salah satunya ada pekerjaan berlebih yang tiba-tiba hadir, biasanya hal ini menjadi beban pikiran berlebih dan menyebabkan stres.

Ada juga suasana kantor yang kurang nyaman untuk kerja dari berbagai faktor. Menghadapi sumber stres ini, di dalam pekerjaan memang perlu adanya sebuah persiapan yang matang. Setiap harinya kita harus tahu apa yang akan dikerjakan hari itu, dan bila sudah beres atau mungkin selesai lebih cepat, bersiap untuk pekerjaan baru yang tiba-tiba datang itu. Untuk suasana, komunikasi dan diskusi dengan rekan kerja adalah solusi utama. Semuanya dapat teratasi lewat hal tersebut dan akhir sumber stres dari pekerjaan bisa berkurang lalu hilang.

Long Distance Relationship (LDR)
Kalau sumber stres ini, biasanya hadir di sebuah hubungan yang dialami oleh remaja, namun tak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa, bahkan yang sudah menikah sekali pun. Di era pandemi seperti sekarang, menghadapi LDR memang lebih sulit dari biasanya.

Ketika TemanBaik sebelum pandemi bisa berangkat menggunakan berbagai macam alat transportasi untuk bertemu sang pujaan hati, sekarang hanya bisa bertemu lewat video bermodalkan aplikasi. Sumber stres satu ini memang harus dihadapi dan dicari solusinya oleh TemanBaik dan pasangan itu sendiri. Karena yang satu ini memang gampang-gampang susah, kalau salah langkah nanti malah terjadi konflik. Susah, tapi pasti bisa TemanBaik.

Dari semua sumber stres di atas, rasanya semua bisa dihadapi dengan lebih mengenal diri sendiri dan memahami apa yang TemanBaik inginkan di hidup ini. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup ini dapat menimbulkan stres, namun itulah kehidupan. Hal itulah yang menurut Analisa akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia.

"Sadari bahwa perubahan itu akan selalu ada, dan perubahan ini menyebabkan sumber stres. Kalau anda tidak mau berubah, boleh tidak stres. Kalau anda tidak mau stres, boleh hidup anda tidak berubah. Dan itu tidak mungkin," ucap Analisa.

TemanBaik, semoga dapat terhindar dari berbagai sumber stres, ya. Baik yang telah disebutkan di atas maupun yang sedang dihadapi oleh TemanBaik. Semuanya dapat berlalu dan nantinya dapat teratasi ketika TemanBaik bisa lebih mengenal diri sendiri dan lebih paham dengan masalah stres yang sedang dialami. Tetap semangat, ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Christian Erfurt


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler