Mengenal Geraham Bungsu & Masalah yang Ditimbulkan

TemanBaik, tahu enggak setelah kamu dewasa masih ada gigi yang bisa tumbuh? Ada loh, namanya gigi geraham bungsu.

Namun, geraham bungsu ini belum tentu dimiliki semua orang. Biasanya, gigi bungsu ini tumbuh belakangan di antara deretan gigi yang lain. Geraham bungsu tumbuh di posisi paling belakang gigi.

"Gigi belakang (geraham bungsu) ini biasanya tumbuh pada usia 17 tahun ke atas," kata Kepala Pusat Pelayanan RSKGM Kota Bandung Ghea Femiola kepada BeritaBaik.id.

Terkadang, tumbuhnya geraham bungsu menimbulkan masalah. Itu karena rahang sudah tak lagi tumbuh di usia tersebut. Sedangkan geraham bungsu yang tumbuh membutuhkan tempat untuk muncul seperti gigi lainnya.

Karena kondisi sempit inilah, geraham bungsu bisa tumbuh tak normal. Gigi yang normalnya tumbuh ke atas, geraham bungsu yang baru tumbuh posisinya justru bisa menjadi miring. Lama-kelamaan, hal ini bisa menimbulkan rasa sakit. Sebab, geraham bungsu ini akan tumbuh dengan mendorong gigi di dekatnya.

Bahkan, dalam proses tumbuhnya geraham bungsu ini juga menimbulkan persoalan lain, misalnya gusi berdarah atau bernanah. Jika ini terjadi, pasti penderitanya akan merasa tak nyaman dan tentunya menyakitkan.

Baca Ini Juga Yuk: Sempat Ditunda, UWRF & UFF Hadir Lagi dengan 'KEMBALI2020'

Jika merasakan kondisi ini, kamu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Sehingga, keluhan yang dirasakan bisa diatasi secepatnya.

Untuk menanganinya, dokter biasanya melakukan berbagai tindakan, tergantung dari kondisi kesehatan gigi dan mulut pasien. Dalam kondisi terburuk, geraham bungsu harus dilepaskan dari tempatya. "Kalau ada keluhan (yang tak bisa diobati), harus dicabut," ucap Ghea.

Namun, jika tumbuhnya geraham bungsu yang miring itu tidak menimbulkan rasa sakit atau gangguan, kamu tak perlu mencabutnya. Biarkan saja geraham bungsu tumbuh. Yang terpenting, kamu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Fungsi Geraham Bungsu
Selayaknya gigi pada umumnya, geraham bungsu juga mempunyai fungsi loh, TemanBaik. Hadirnya geraham bungsu ini akan menjadi pelengkap di antara deretan gigi yang sudah tumbuh lebih dulu.

Geraham bungsu ini akan membantu kamu saat proses mengunyah makanan. Makanan akan menjadi lebih lembut setelah dikunyah. Sehingga, makanan akan lebih mudah dicernah ketika masuk ke pencernaan.

Pertumbuhan geraham bungsu ini biasanya tak akan menjadi masalah jika seseorang memiliki rahang yang lebar. Sebab, geraham bungsu seolah diberi alokasi lahan untuk tumbuh. Namun, bagi mereka yang memiliki rahang relatif kecil, masalah akan timbul saat geraham bungsu ini tumbuh.

Selain menimbulkan rasa sakit, geraham bungsu bisa merusak gigi di sekitarnya jika dibiarkan tumbuh tak normal. Bahkan, kerusakan gigi bisa berlanjut ke gigi lainnya. Ini tentu akan berdampak buruk jika dibiarkan.

Karena itu, tumbuhnya geraham bungsu jangan disepelekan ya, TemanBaik. Jika dirasa bermasalah, segera konsultasikan ke dokter gigi.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Yingpis Kalayom

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler