Kelola Waktumu dengan Tiga Hal Ini

Bandung - TemanBaik, menjalani hari dengan segudang kegiatan memerlukan keahlian dalam mengelola atau mengatur waktu. Sebab, tanpa disadari, pengelolaan waktu yang baik akan membantu kita dalam menggapai tujuan.

Kamu sadar enggak? Jika kita membaca catatan orang sukses dalam sebuah buku biografi, enggak jarang alur narasi dalam buku tersebut menggambarkan seseorang yang telah sukses tersebut utamanya berhasil dalam mengelola waktu. Namun, terlepas dari jaminan sukses atau tidaknya seseorang, toh keberhasilan mengelola waktu di satu sisi punya manfaat baik yang paling sederhana untuk kita, misalnya: kita jadi enggak perlu tergesa-gesa saat mengerjakan sesuatu atau dalam sebuah perjalanan. Juga misalnya kita jadi enggak kekurangan waktu istirahat sehari-hari, dan banyak hal positif lainnya, yang bisa kita dapatkan walau skalanya kecil.

Lalu, bagaimana ya caranya agar kita berhasil mengelola waktu? Nah, Tom Martin Charles Ifle, seorang business coach asal Indonesia dalam sebuah kelas daringnya pernah membagikan tips sederhana mengenai pengaturan waktu. Ia menyebut tips ini dengan istilah 3A (Awareness, Arrangement, dan Adaptation). Meski terdengar amat teoretis dan terlalu rumit, namun apabila kita amati lebih jauh, tiga hal ini sangat mungkin dilakukan oleh siapapun.

Pertama, awareness adalah kesadaran untuk memahami kapasitas dan kemampuan diri kita. Ini merupakan hal yang penting karena tiap orang diberi waktu yang sama, yaitu 24 jam. Nah, kemampuan memahami kapasitas ini merupakan salah satu cara agar kita memahami apa saja yang bisa kita kerjakan dalam waktu yang bisa dikatakan terbatas.

“Jadi, kita punya kesadaran apa yang bisa kita mampu kerjakan dalam waktu yang terbatas ini,” ujarnya.

Salah satu cara mengaplikasikan awarness ini bisa dilakukan dengan cara memahami waktu terbaik kita saat mengerjakan sesuatu. Setiap orang tentu memiliki perbedaan mengenai hal ini. Ada yang punya waktu terbaik di pagi hari, siang hari, atau bahakan malam hari. Nah, tugas kita adalah memahami waktu terbaik tersebut, dan mengoptimalkannya dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Setelah itu, kiat berikutnya adalah arrangement, atau dalam penjabarannya disebut pengaturan skala prioritas. Jadi, kita perlu melakukan penyusunan prioritas yang bisa kita kerjakan dalam waktu yang tersedia itu tadi. Pengaturan prioritas ini juga harus dibarengi kesadaran atau awareness akan kemampuan itu tadi. Dua hal ini penting guna mencapai keberhasilan dalam mengerjakan sesuatu dengan efektif.

Ketiga, ada istilah adaptation, atau bila dijabarkan adalah adaptasi. Hal yang dimaksud dalam kata adaptasi ini ialah kemampuan memonitor waktu agar kita tidak terganggu oleh interupsi dari luar diri kita. Jadi, kita perlu mengadaptasikan waktu yang boleh diganggu dan tidak boleh diganggu itu tadi.

Dalam pengaplikasiannya, kita perlu membedakan waktu tetap dan waktu variabel dalam menjalankan rutinitas harian. Waktu tetap atau waktu fix itu sendiri merupakan waktu yang tidak bisa diganggu oleh interupsi dari luar. Sedangkan waktu variabel adalah waktu yang mana kita masih boleh ‘diganggu’ interupsi dari luar. Kedua hal ini harus berjalan seimbang dan proporsional tiap harinya, ya.

“Keberhasilan yang akan anda raih nantinya merupakan buah keberhasilan anda mengatur waktu,” pesannya.

Bagaimana menurutmu? Bukankah waktu yang dikelola dengan baik bisa membantu meringankan keluh kesahmu akan beratnya hari-hari yang kamu jalani? Nah, kalau begitu, yuk belajar atur waktu kita sejak saat ini. Selamat berakhir pekan!


Foto: Unsplash/Djim Loic

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler