Mengenal 'Voluntourism', Menjadi Wisatawan Pemberi Manfaat

Bandung - TemanBaik, berwisata tentu jadi hal menyenangkan. Namun, berwisata ternyata bisa sambil memberi manfaat bagi warga atau tempat yang kamu kunjungi.

Cara ini disebut 'voluntourisme'. Apa sih voluntourism? Jika kamu merasa asing membaca istilah ini, simak ulasannya yuk! Siapa tahu nantinya kamu juga tertarik melakukannya.

Menurut Deputi Bidang Produk Wisata Kemenparekraf Rizki Handayani, voluntourism ini adalah kegiatan pariwisata. Namun di saat yang sama, wisatawan memberi kontribusi atau manfaat kepada destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan.

Belakangan ini, voluntourism menjadi tren tersendiri loh. Yang menarik, banyak anak muda yang tertarik melakukannya. Hal itu didasari atas kepedulian mereka untuk melakukan #AksiBaik.

"Jadi, sekarang trennya adalah anak-anak muda datang sebagai voluntourism dalam rangka menciptakan kepedulian terhadap alam dan budaya destinasi wisata Indonesia," kata Rizki di laman Kemenparekraf.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Tips Jitu Beli Motor Tua

Jika ditilik lebih jauh, voluntourism ini bermakna wisatawan menjadi sosok yang mengemban tanggung jawab. Di samping tujuannya berwisata, mereka justru menjadi menjadi relawan agar warga atau tempat yang dikunjungi berubah jadi lebih baik.

"Hal ini adalah salah satu bentuk kegiatan dalam mendukung pengembangan destinasi wisata," ungkap Rizki.

Sebagai contoh, di Sumba ada voluntourism yang membuat gerakan 'Shoes for Sumba'. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sepatu bagi warga lokal Sumba.

Contoh lainnya adalah wisatawan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak di suatu destinasi. Misalnya mengajari memungut sampah dan pentingnya menjaga lingkungan.

"Hal tersebut memperlihatkan bahwa ketika kita travelling atau jalan-ajalan, kita juga bisa sambil menjaga lingkungan yang ada di sekitar destinasi wisata tersebut," tutur Rizki.

TemanBaik, jika hal-hal baik dalam voluntourism dilakukan, tentu akan ada hal positif yang berkembang. Harapan besarnya, tentu geliat pariwisata di tempat yang dikunjungi menjadi lebih baik.

Tertarik menjadi pelaku kegiatan voluntourism? Yuk! Enggak ada salahnya kan berwisata sambil melakukan #AksiBaik.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Sebastian Pena Lambarri
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler