Begini Tips Atasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

Bandung - TemanBaik, pernah merasakan sakit gigi akibat gigi berlubang? Tentu kondisi ini akan membuat kamu tidak nyaman.

Namun, ada kalanya sakit gigi ini datang tiba-tiba. Sehingga, kamu tak bisa langsung ke tempat pelayanan kesehatan untuk mengatasinya. Alhasil, kamu harus menahan rasa sakit yang bisa bikin kamu kesal.

Untuk mengurangi rasa sakit, ada tips nih dari Direktur Rumah Sakit Kesehatan Gigi dan Mulut (RSKGM) Kota Bandung Lucyanti Puspitasari. Langkah pertama yang perlu dilakukan saat sakit gigi menyerang adalah membersihkan area mulut.

Hal yang tak kalah penting tentu membersihkan area gigi yang berlubang menggunakan kapas atau kain kasa yang dibasahi. Berikutnya adalah berkumur.

Caranya dengan berkumur menggunakan air yang dicampur garam. Bisa juga berkumur menggunakan air rebusan daun sirih.

"Kalau punya daun sirih, sebanyak tujuh lembar direbus sehingga air rebusan menjadi setengahnya. Itu bisa digunakan untuk kumur-kumur," kata Lucyanti kepada BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Geraham Bungsu & Masalah yang Ditimbulkan

Jika tak mau menggunakan air garam atau air rebusan daun sirih, kamu bisa menggunakan obat kumur yang saat ini banyak dijual bebas di pasaran. Berkumurlah selama beberapa detik hingga dirasa area mulut dan gigi yang sakit terasa bersih.

"Setelah itu, gigi yang sakit ditutup lagi dengan kapas untuk mengurangi rasa sakit," jelas Lucyanti.

Namun, cara ini akan berbeda dampaknya bagi setiap orang. Meski begitu, setidaknya cara ini bisa mengurangi rasa sakit untuk beberapa saat. Untuk selanjutnya, kamu disarankan pergi ke dokter gigi agar mendapat penanganan tepat.

Cara ini juga sebagai langkah pencegahan agar sakit gigimu tak bertambah barah. Sebab, berkumur menggunakan air garam, air rebusan sirih, atau cairan obat kumur berfungsi sebagai disinfektan. Sehingga, kuman atau bakteri akan mati.

Meski begitu, yang paling penting adalah melakukan langkah pencegahan. Jaga kesehatan gigi dan mulut ya, TemanBaik.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Jon Tyson

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler