Punya Hewan Peliharaan? Kenali Cirinya Jika Sedang Sakit

Bogor - TemanBaik, jika kamu memiliki hewan peliharaan, sebaiknya mengenal tanda-tanda jika mereka sakit ya. Sehingga, ketika terlihat ada gejala sakit, kamu bisa segera mengobatinya.

Tentu hewan peliharaanmu tidak akan bicara jika mereka sakit. Sehingga, bisa saja kamu lengah dan tidak mengetahui hewan peliharaanmu sakit. Ujung-ujungnya, bisa saja hewan peliharaanmu malah mati.

Dokter hewan praktisi sekaligus alumni Fakultas Kedokteran Hewan IPB University drh. Yuke Yunizar Gantiana, mengatakan ada beberapa ciri umum pada hewan yang sedang sakit. Salah satunya dilihat dari nafsu makannya. Hewan yang sehat akan cenderung memiliki nafsu makan yang bagus.

Jika ternyata hewan peliharaanmu mendadak nafsu makannya turun atau bahkan menghilang, bisa jadi itu merupakan tanda yang bersangkutan sedang sakit. Coba deh amati nafsu makannya setiap hari. Sehingga, kamu bisa tahu seperti apa nafsu makan hewan peliharaanmu.

"Ciri lain adalah aktif dan terlihat tenang. Sedangkan hewan sakit akan terlihat murung, lesu, tak bergairah dan mengalami penurunan nafsu makan," kata Yuke di laman IPB University.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Alasan Calon Atlet Harus Disiplin Soal Makanan Sehat

Tanda lain hewan sedang sakit adalah dengan melihat feses atau kotorannya. Pada hewan sehat, fesesnya tidak encer dan tidak terlalu keras. Sedangkan pada hewan yang sakit, fesesnya cenderung encer.

Pada bagian mulut, hewan sakit tidak akan terlihat berbuih, sedangkan hewan sakit berbuih. Selanjutnya, area hidung hewan sehat akan lembab, alias tidak kering tapi juga tidak berair.

Pada bagian lubang telinga, hewan sakit bisa saja terlihat kotor. Sedangkan pada hewan sehat biasanya memiliki lubang telinga yang bersih. Sementara pada mata, hewan sehat akan terlihat jernih, bersinar, dan bersih. Namun, pada hewan sakit, itu bisa ditandai dengan mata yang berair, terdapat belek, bercak kemerahan pada kornea mata, adanya selaput putih seperti katarak, serta adanya kotoran dan luka di sudut mata.

Bagian kulit juga bisa menjadi tanda kesehatan hewan. Pada hewan yang sehat, kulitnya akan terasa elastis dan turgor kulitnya baik. "Ketika disentuh atau ditarik, kulit hewan sangat kenyal dan posisi kulit akan kembali ke keadaan semula, kembali normal dalam waktu yang relatif singkat," tutur Yuke.

Namun, pada hewan yang sakit justru akan terjadi sebaliknya dari kondisi di atas. Terakhir adalah melihat bagian bulu pada hewan peliharaan yang memiliki bulu. Pada hewan sehat, kulitnya bersih, tidak rontok, mengkilat, subur, dan tidak kusam.

"Pada hewan sakit, kalau ditarik, bulunya akan rontok. Kerontokan bulu dalam jumlah banyak dapat menjadi ciri hewan yang sakit," pungkas Yuke.

Jika ternyata hewan peliharaanmu memperlihatkan beberapa tanda di atas, sebaiknya segera obati ya. Usahakan pisahkan dulu dari hewan peliharaan lainnya untuk meminimalisir penularan. Selanjutnya, jika tak kunjung sembuh, kamu bisa membawanya ke dokter hewan agar mendapat penanganan tepat.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Victor Grabarczyk

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler