Si Kecil Susah Makan Sayur? Begini Solusinya

Bandung - TemanBaik, tahu kan jika anak-anak perlu asupan makanan bergizi demi pertumbuhannya? Salah satu asupanan makanan bergizi itu adalah dari beragam sayuran.

Namun, bagi anak yang tidak terbiasa makan sayuran, terkadang cukup sulit membuat mereka mau mengonsumsinya. Karena itu, orang tua harus pintar-pintar melakukan beragam trik agar mereka mau makan sayur.

Owner Serasa Salad Bar Fitriani Rahma mengatakan makan sayuran idealnya dibiasakan sejak anak masih usia dini. Salah satunya adalah sering menghadirkan sayuran di meja makan. Sehingga, anak tak diberi kesempatan untuk pilih-pilih makanan.

Jika si kecil terlanjur tak suka makan sayuran, tentu orang tua harus berpikir kreatif. Buatlah mereka secara bertahap tertarik dan mau makan sayur. Usahakan jangan memaksa mereka makan sayur ya. Justru yang harus dilakukan adalah membuat mereka terbiasa makan sayur hingga akhirnya menyukainya, bukan dipaksa.

Hal yang tak kalah penting, orang tua sebaiknya menjadi contoh. Sehingga, orang tua dan anak mengonsumsi makanan yang sama. Perlihatkan pada anak bahwa orang tua gemar makan sayur. Buat si kecil merasa tergugah sehingga tertarik makan sayuran. Beri penjelasan dengan bahasa sederhana serta menarik bahwa sayuran itu enak dan menyehatkan.

Carilah cara kreatif mengolah masakan berbahan sayuran. Sekarang zaman serba canggih kan? Kamu bisa dengan mudah mencari berbagai resep masakan enak dan menarik bagi si kecil.

"Buat anak itu harus dibuat menarik. Kalau (membiasakan makan sayur) ke anak kecil itu harus banyak trik," ujar Fitri, sapaan akrabnya, kepada BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Penuhi Kebutuhan #MakanNabati ala Kebun Damara

Jika si kecil tidak mau makan sayur karena ukurannya besar, coba deh akali agar bentuknya menjadi lebih kecil. Kamu bisa memotongnya kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam masakan agar sayuran itu 'tersamarkan'.

"Kita sempilkan aja di masakan. Contoh nasi goreng, banyakin potongan wortel halus biar teksturnya enggak terlalu kerasa," ungkapnya.

Kamu juga bisa mengolah sayuran itu menjadi sop dengan dicampur aneka bahan lain, misalnya daging, sosis, atau bakso. Yang terpenting, usahakan bentuk atau potongannya kecil agar mudah dimakan.

Untuk membiasakan si kecil makan sayur, sebaiknya dilakukan bertahap ya. Jadi, jangan membayangkan si kecil akan langsung makan sayuran dengan lahap. Apalagi jika mereka terlanjur tidak suka makan sayur.

Kamu bisa memilih tidak memberitahunya bahwa makanan yang kamu berikan itu mengandung sayuran. Sebab, bisa saja si kecil justru menjadi tak mau makan karena tahu di dalamnya terdapat sayuran meski makananya sudah dilahap habis.

Karena itu, penting untuk membuat si kecil senang dulu dengan makanan yang kamu berikan. Setelah si kecil gemar dengan masakanmu, secara perlahan kamu bisa memberi tahunya bahwa makanan itu mengandung sayuran. Namun, tentu dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menarik ya. Beri juga penjelasan soal manfaatnya.

Langkah penting lainnya adalah orang tua menjaga semangatnya agar tak mudah menyerah membuat si kecil suka makan sayur. Sebab, anak akan suka makan sayur atau tidak, akan sangat tergantung dari orang tuanya.

Jangan mudah menyerah jika usahamu membuat si kecil makan sayuran belum berbuah hasil. Namanya juga anak-anak, terkadang perlu usaha ekstra agar mereka mau melakukan berbagai hal, termasuk makan sayuran.

"Yang perlu disemangati itu bukan anaknya, tapi orang tuanya (menjaga semangat)," tutur Fitri.

Tetap semangat ya para orang tua yang sedang berjuang agar si kecil mau makan sayur!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Ja Ma

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler