Ini Penjelasan Waktu Keramas yang Ideal

Bandung - TemanBaik, berapa hari sekali kamu keramas? Jawabannya pasti beragam. Ada yang sehari dua kali, sehari sekali, hingga beberapa hari sekali. Namun, kapan dan berapa kali sih keramas? Simak ulasannya, yuk!

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Reiva Farah Dwiyana, waktu ideal berkeramas bagi setiap orang akan berbeda. Namun, ia memberi gambarannya.

"Kalau kulit kepala berminyak, apalagi berketombe, tinggalnya di daerah panas, kemudian sering pakai helm, topi, atau hijab, itu setiap hari cukup sekali," kata Reiva.

Bahkan, jika rambutmu pendek, terutama pada laki-laki, berkeramas tak setiap hari juga tak masalah. Apalagi jika kamu merasa tak ada gangguan pada kulit kepala. Dilakukan dua hari sekali tergolong aman.

Hal yang jadi catatan adalah bagi kaum perempuan. Sebab, mayoritas perempuan memiliki rambut yang panjang. Ia menyarankan mereka berkeramas sekali sehari dan maksimal dua hari sekali.

Baca Ini Juga Yuk: Si Kecil Susah Makan Sayur? Begini Solusinya

Namun, terkadang perempuan merasa ribet dengan rambut panjangnya. Ketika berkeramas, mereka perlu waktu untuk mengeringkannya lebih lama daripada yang berambut pendek.

Jika kamu banyak beraktivitas di luar rumah dan sering berkeringat, maka disarankan setiap hari berkeramas. Namun, jika kamu lebih banyak beraktivitas di rumah dan kulit kepala jarang berkeringat, jarak ideal keramas kamu bisa lebih longgar.

"Baiknya sehari sekali, paling tidak dua hari sekali. Tapi, kalau kering, enggak keringatan, enggak banyak aktivitas, tiga hari sekali. Kalau bicara ideal, ya satu sampai dua hari sekali," tutur Reiva.

Namun, secara umum, berkeramas lebih disarankan setiap hari. Sebab, berkeramas akan membuat kulit kepala dan rambutmu bersih. Selain itu, rambut juga akan wangi. Namun, jika tidak bisa berkeramas setiap hari karena berbagai alasan, hindari tak berkeramas lebih dari tiga hari ya. Terbayang kan seperti apa aroma rambutmu jika tak keramas selama itu.

Selain itu, kulit kepala dan rambutmu bisa bermasalah jika jarang keramas. Sebab, debu, kotoran, hingga bakteri bisa saja hinggap dan menimbulkan dampak negatif.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Erick Larregui

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler