Begini Tips Mendongeng Asyik ala Kak Aio

Bandung - TemanBaik, pernah mendengar dongeng di masa kecil dulu? Ya, di balik unik dan khasnya sebuah dongeng bila disampaikan, ada secuil pesan moral yang boleh jadi terngiang hingga saat ini.

Ariyo Faridh Zidni selaku founder Komunitas Ayo Dongeng Indonesia menyebut kalau mendongeng adalah metode mendidik yang mudah, sederhana, menyenangkan dan berdampak besar bagi perkembangan anak usia dini. Di balik aspek hiburan dalam dongeng, ada unsur pendidikan yang terkandung di dalam dongeng.

Pria yang akrab disapa Kak Aio ini juga menambahkan dalam mendongeng ada beberapa unsur pengembangan diri anak yang bisa didapat, antara lain kedekatan dengan orang tua, pengenalan emosi, pendidikan karakter, pendidikan kognitif, kecerdasan bahasa, dan masih banyak lagi. Mendongeng juga merupakan cara belajar yang menyenangkan dan hemat. Sebab, mendongeng bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, juga dengan media apa saja.

Kemudian Aryo memberi beberapa kiat mendongeng yang asyik dengan berbagai media. Secara umum, ia menyebut dongeng bisa disampaikan dengan asyik dengan tiga metode. Pertama mendongeng dengan alat bantu buku, lalu mendongeng dengan alat bantu boneka, dan terakhir mendongeng tanpa alat bantu.

Mendongeng dengan Buku
Mendongeng dengan buku tentunya harus dilakukan dengan pembukaan. Hampiri si kecil dengan cara yang menyenangkan. Ada hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat mendongeng dengan media buku. Ya, menurut Ariyo, momentum mendongeng dengan media buku juga bisa dijadikan sebagai pengenalan si kecil dengan huruf-huruf.

"Anak itu enggak bisa membedakan mana gambar, mana teks. Mereka bakal menganggap gambar ilustrasi dan judul yang sebetulnya teks itu sama-sama gambar. Nah, di sini kita bisa perkenalkan mereka dengan teks," jelasnya.

Untuk mengenalkannya, cara yang menurut Ariyo ampuh adalah dengan menunjuk tiap bagian buku. Namun, kita tidak perlu mengarahkan anak untuk mengikuti jari kita sepanjang bercerita. Dengan menunjuk tiap bagian buku, termasuk teks yang kita bacakan, secara alamiah akan ada proses belajar anak, termasuk belajar membaca.

Baca Ini Juga Yuk: Si Kecil Susah Makan Sayur? Begini Solusinya

Mendongeng dengan Boneka
Alat bantu boneka memang identik dengan dongeng. Hampir seluruh dongeng yang populer biasanya tersaji dengan alat bantu boneka dalam penyajiannya. Nah, cara mendongeng dengan boneka ini relatif mudah karena kita hanya perlu menghidupkan karakter yang diceritakan lewat alat bantu tersebut.

Siapa di sini yang suka mendongeng dengan alat bantu boneka?

Mendongeng Tanpa Alat Bantu
Selain kedua alat bantu tadi, rupanya mendongeng bisa dilakukan tanpa alat bantu loh! Ya, tentu ini menjawab keraguan kamu yang enggan mendongeng karena tidak punya alat peraganya. Cara paling sederhana menurut Ariyo adalah mendongeng dengan tangan kosong.

Ya, betul. Saat mendongeng tanpa alat bantu, kita bisa menggunakan jari tangan kita. Cara ini bisa dibilang paling sederhana, karena hanya memerlukan keahlian dalam memainkan tiap jari tangan. Buatlah jari tangan ini menjadi karakter yang hidup. Selain itu, kemampuan kita mengolah suara juga diperlukan. Jadi, sediakan beberapa karakter suara jika hendak mendongeng tanpa alat bantu alias dengan tangan kosong, ya.

“Begitupula dengan ceritanya, kelima jari ini bisa dibuat seolah jadi tokohnya. Ada lima tokoh yang namanya kelingking, manis, tengah, telunjuk, dan jempol, lalu dibuat alur ceritanya,” ujar Ariyo.

Menyenangkan bukan, TemanBaik? Lalu, kamu lebih suka membacakan dongeng dengan metode yang mana? Dan dongeng apa yang sudah kamu pilihkan untuk menemani waktu jelang tidur si kecil nanti?

Foto: Ilustrasi Unsplash/Picsea

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler