"Berkah" Pandemi dan Tips Sehat ala Manuputty Bellaetrix

Jakarta - TemanBaik, kenal dengan sosok Manuputty Bellaetrix? Ya, dia adalah mantan pebulutangkis tunggal putri Indonesia.

Saat aktif menjadi pebulutangkis, perempuan kelahiran Jakarta yang pada 11 Oktober 2020 nanti berusia 32 itu, sarat akan prestasi. Dari tingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional, sudah banyak capaian manis yang didapat.

Beberapa di antaranya Singapore Asian Satellite 2008 (perempat final), peringkat kedua Sunkist Indonesia International Challenge Indocock Djarum Open 2010, juara Malaysia International Challenge 2011, hingga yang paling membanggakan medali emas tunggal putri SEA Games XXVII Myanmar pada 2013.

Namun, karirnya harus terhenti pada 2015. Cedera ACL yang dialaminya membuatnya pensiun dini di tengah karier cemerlangnya. Cedera ACL sendiri merupakan mimpi buruk bagi seorang atlet. Sebab, sulit untuk sembuh dari cedera tersebut.

Alhasil, Bella yang digadang-gadang jadi penerus Susy Susanti itu harus memupus mimpi banyak pihak. Secara pribadi, Bella pun harus rela menanggalkan karier profesionalnya.



Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Daun Stevia, Pemanis Alami Kaya Manfaat

Namun, belakangan Bella memiliki bisnis yang tak jauh-jauh dari dunia bulutangkis. Ia memiliki toko peralatan olahraga di Jakarta.

"Saya bergerak di bidang sport equipment atau peralatan olahraga, tapi lebih spesifik lagi di (perlengkapan) bulutangkis," ujar Bella.

Latar belakang sebagai mantan atlet bulutangkis tentu jadi alasan ia memilih usaha tersebut. Ia masih sangat mencintai dunia bulutangkis meski kini tak lagi jadi atlet profesional.

"Kenapa (peralatan) bulutangkis? Karena awalnya, basic saya kan atlet bulutangkis. Saya lihat market, teman-teman saya juga ada di bulutangkis. Itu kenapa saya bergerak di bisnis sport equipment ini," tutur Bella.

Selama 1,5 tahun bisnis yang diberi nama B_Badmintonstore itu berjalan. Selayaknya bisnis pada umumnya, tentu ada turun-naik yang dialami. Namun, ia tetap berusaha konsisten dengan bisnisnya.

Bahkan, di tengah pandemi COVID-19, ia justru menuai berkah tersendiri. Hal itu berbanding terbalik dengan bisnis lain di luar sana yang mengalami hambatan besar, bahkan gulung tikar.

"Kalau dengan keadaan situasi pandemi COVID-19 ini, dari segmen saya justru merasakan omzet naik. Ya, demand minimal naik tiga kali lipat kalau di saya," ungkap Bella.

Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari geliat olahraga masyarakat yang kini mulai naik. Banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya olahraga. Badminton pun jadi salah satu pilihan olahraga favorit.

Tips Sehat
Berbicara di luar bisnis yang ditekuninya, Bella memberi tips sehat di tengah pandemi. Menurutnya, menjalankan protokol kesehatan jadi hal utama yang harus dikedepankan.

Sebab, protokol kesehatan ini bisa jadi gerbang yang kuat untuk mencegah seseorang terjangkit berbagai penyakit, termasuk COVID-19. Di luar itu, ia sendiri menerapkan kebiasaan baik.

"Paling yang pasti jarang banget ke luar rumah kalau enggak urgent. Terus kalau ke mana-mana itu pakai masker, sering cuci tangan, (dan menjalankan protokol kesehatan lainnya)," ungkap Bella.

Olahraga juga hal yang rutin dilakukan setiap hari. Tak perlu olahraga berat. Olahraga ringan bisa dilakukan di rumah dan tetap bermanfaat. Misalnya jogging di sekitar rumah atau bersepeda.

Selain itu, ada kebiasaan baik lain yang disarankannya untuk dilakukan. "Hal yang enggak pernah lupa itu minum jus setiap hari," ucap Bella.

Namun, tentu jusnya beneran jus ya TemanBaik. Bahkan, jika bisa, hindari penggunaan gula. Apalagi jika gulanya berlebihan, alih-alih sehat, justru bisa menghadirkan masalah bagi kesehatan tubuh.

Foto: Instagram @manuputtybellaetrix

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler