Outfit of Tie Dye, Motif Fesyen Ikat-Celup Keren dari Muararajeun

Bandung - Hilangnya beberapa panggung musik akibat terpaan pandemi korona membuat sejumlah musisi mengembangkan bidang lain untuk sejenak memenuhi kebutuhannya. Salah satu contohnya ialah Aryadi Maulana Putra. Ya, pemain tuba dari Sangkuryoung Brass Band ini menjajal kreasi membuat kaos tie dye.

Usaha yang dijalankannya di rumah itu berawal dari percobaan Aryadi membuat pola tie dye pada kaos putih yang dimilikinya. Rangkaian percobaan membuat pola tie dye ini didapat Aryadi dari internet. Setelah menjajal dan dianggap berhasil, percobaan itu kemudian membuatnya merasa puas. Lucunya, setelah ia menjajal untuk kali kedua, ketiga, dan seterusnya, ia mengaku seisi rumahnya jadi menggunakan tie dye buatannya.

Bahan-bahan yang digunakannya untuk membuat kaos tie dye pun relatif mudah ditemui di pasar. Sebut saja kaos putih polos, tali, dan pewarna berbagai jenis yang sudah barang tentu selain mudah didapatkan, juga harganya relatif terjangkau. “Pertama nyobain bikin, dan responsnya bagus. Akhirnya saya kembangin,” ujar Aryadi kepada Beritabaik.id.

Akhirnya, enggak hanya kaos tie dye saja yang diproduksi oleh Aryadi bersama merek Outfit of Tie Dye miliknya, ada juga masker dan tas yang dibuat nyentrik dengan gaya tie dye-nya. Sembari mengembangkan beberapa teknik membuat pola tie dye agar bisa menghasilkan berbagai pola, Aryadi kemudian menggencarkan promosi tie dye kreasinya di media sosial.

Ada banyak motif tie dye yang tersedia di Outfit of Tie Dye. Dan enggak hanya tie dye yang sudah dibuat dan tersedia (motifnya) saja, mereka juga melayani pembuatan tie dye berdasarkan keinginan pemesannya. Karena keberadaan tie dye mengalami peningkatan peminat alias sedang nge-tren belakangan ini, tidak jarang ia kebanjiran pesanan dari calon pembeli. Dalam pengerjaan satu tahap pemesanan kaos tie dye, Aryadi memerlukan waktu hingga dua hari. Ditanya mengenai harga, ia menyebut harga yang dibanderol di Outfit of The Day bervariasi.

Bocoran harga terendah yang diperkirakan mereka berada di harga Rp60 ribu. Kamu disarankan menghubungi langsung akun Instagram resmi Outfit of Tie Dye di @ooftiedye.id untuk mengetahui informasi lebih rinci.

“Soalnya bergantung sama tingkat kerumitan dalam pembuatan polanya. Si pola ini tuh kayak punya nilai seni, ya. Jadi malahan kayak ada beberapa kaos yang enggak sengaja saya bikin, terus bingung jualnya mau berapa,” akunya.

Kreativitas membuat tie dye ini diakui oleh Aryadi dapat mengalihkan sementara rutinitas dan menjadi keran pendapatan sementara, karena pendapatannya sebelum pandemi banyak berasal dari manggung bersama big band atau dari beberapa kegiatan seni pertunjukkan lainnya.

Sebut saja pada 2020 ini, ia memperkirakan akan dapat dua kali job manggung dalam seminggu hingga bulan Juli lalu. Seluruh tanggal yang sudah ditandai tersebut terpaksa batal digelar karena situasi yang belum memungkinkan.

Meski begitu, di sisi lain ia melihat adanya hikmah dari berhenti sejenaknya kegiatan di atas panggung setelah menekuni usaha fesyen dengan membuat tie dye ini. Bahkan, ia menyebut akan meneruskan kreativitasnya membuat tie dye.

Bisa memiliki bengkel workshop pembuatan tie dye, meningkatkan promosi, dan banyak mengeksplorasi bentuk serta output dari tie dye itu sendiri seperti apa yang dilakukannya saat membuat masker dan tas tie dye menjadi salah satu target yang secara bertahap dikejarnya. Ia menyebut, usaha ini akan berjalan terus sekalipun pandemi telah selesai dan aktivitas manggungnya kembali berjalan normal.

“Setelah dijalanin dan kayaknya prosesnya relatif gampang dan fleksibel, bisa dikerjain sebelum tidur gitu misalnya, saya sih kepikiran (usaha) ini bakal terus jalan sekalipun udah bisa manggung lagi. Lumayan, bisa jadi pemasukan dobel,” pungkasnya sembari tertawa.

TemanBaik, pakaian, tas, dan masker kain buatan Outfit of Tie Dye bisa jadi salah satu referensi buat kamu yang mau tampil keren. Nah, kamu bisa memesan atau bertanya terlebih dahulu ke akun Instagram mereka, ya! Di sana ada banyak katalog yang bisa kamu pilih, atau kamu bisa memesan sendiri pola tie dye-mu. Selamat berakhir pekan!


Foto: Dok. Outfit of Tye Dye

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler