Kamu Masih Suka Saling Sindir dengan Mantan? Begini Solusinya

Bandung - TemanBaik, di antara kamu ada yang masih suka saling sindir dengan mantan pasangan? Padahal, satu sama lain sudah punya pasangan baru, tapi saling sindir masih sering terjadi.

Media untuk menyindir pun beragam, mulai dari status aplikasi percakapan hingga unggahan di media sosial. Tak jarang, aksi saling sindir ini berujung pada konflik baru. Kamu bisa ribut dengan mantan pasangan hanya gara-gara saling sindir yang dilakukan. Ujung-ujungnya, kamu merasa "nyesek" atau "ngebatin" deh. Enggak ada gunanya juga kan buat kamu?

Sebaiknya kamu hentikan "perang" saling sindir ini, ya! Kenapa? Sebab, tindakan ini akan membuatmu merasa tak nyaman, baik hati, pikiran, maupun perasaan. Coba deh rasakan jika kamu masih suka saling sindir dengan mantan pasangan. Nyaman enggak?

Aksi saling sindir ini biasanya terjadi jika hubungan berakhir karena suatu masalah. Hal yang jadi persoalan, masing-masing dari mantan pasangan ini merasa belum selesai masalahnya. Masing-masing merasa dendam atau mengalami 'luka' yang belum terobati.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Pentingnya Jadi Orang Tua yang Bahagia

Cara terbaik untuk menghentikan aksi saling sindir ini adalah saling bertemu. Selesaikan masalah yang pernah terjadi. Bahkan, akan lebih baik jika kedua pihak saling mengakui kesalahan dan saling memaafkan. Tapi, jika sudah bertemu, terserah kamu mau balikan atau tidak, ya!

Jika upaya untuk 'islah' ini tak menemui hasil dan kamu tetap saling sindir, ada cara lain yang bisa dilakukan. Kamu bisa memutus sarana yang berpotensi membuat kamu melakukan saling sindir.

Salah satunya adalah memblok nomor mantan pasangan. Sebab, tak jarang aksi saling sindir terjadi melalui status Whatsapp. Selama kamu masih menyimpan nomor mantan pasangan, potensi saling sindir ini sangat terbuka lebar.

Kamu juga bisa berhenti mengikuti akun media sosial mantan pasangan. Sehingga, baik kamu atau mantan pasanganmu, tak punya sarana untuk melancarkan 'aksi'. Namun, jika tak mau atau tak bisa saling saling menutup akses 'perang', kamu harus bisa bersikap cuek.

Berhentilah memulai atau melayani saling sindir. Sebab, saling sindir ini terjadi karena ada kesempatan yang dimanfaatkan satu sama lain.

"Sindir-sindiran itu terjadi kalau dilayani. Kenapa enggak dicuekin saja? Blok saja, selesai, kan enggak akan ada balas-balasan (sindiran) lagi," ujar psikiatri RS Melinda 2 Teddy Hidayat pada Webinar Detoxification dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa, Sabtu (10/10/2020).

Selama 'memutus' sarana ini, kamu juga harus menahan diri ya. Usahakan menghindari rasa penasaran dengan mengecek postingan mantan pasangan di media sosial. Hindari juga mengecek status Whatsapp atau media lainnya milik mantan pasangan di gawai orang lain.

Apalagi jika kamu sudah punya pasangan baru, lebih baik fokus saja dengan pasangan barumu. Banyak hal seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama pasangan baru. 

Foto: Ilustrasi Unsplash/Kelly Sikkema

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler