Rambut Rontok Usai Operasi, Normal Enggak Sih?

Bandung - TemanBaik, mereka yang sempat mengalami operasi untuk pengobatan suatu penyakit atau penyebab lainnya, kadang mengalami kerontokan rambut. Namun, tentu tak semua orang yang pernah dioperasi mengalami hal ini.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Reiva Farah Dwiyana mengatakan potensi kerontokan rambut pascaoperasi memang bisa terjadi. Hal ini pun sesuatu yang wajar.

Loh, apa hubungannya operasi dengan kerontokan rambut? Apalagi jika bagian tubuh yang dioperasi letaknya jauh dari kepala.

"Operasi itu bisa menyebabkan kerontokan rambut karena ada ketidakseimbangan dari sistem kekebalan tubuh," kata Reiva.

Kerontokan ini biasanya terjadi saat masa pemulihan usai operasi. Ada yang kerontokannya ringan dan beberapa hari saja, ada juga yang bisa berbulan-bulan.

Ini disebabkan karena setelah operasi tubuh butuh waktu untuk "memulihkan diri". Sehingga, berbagai nutrisi yang ada di dalam tubuh akan terpakai untuk pemulihan, terutama area pada bekas operasi. Kondisi ini terjadi karena berbagai nutrisi di dalam tubuh akan menerapkan 'skala prioritas' untuk proses penyembuhan luka bekas operasi.

Baca Ini Juga Yuk: Punya Pasangan Pemarah? Begini Penjelasan & Saran dari Psikiatri

Sedangkan nutrisi yang harusnya diserap untuk kebutuhan agar rambut sehat, akhirnya berkurang. Sehingga, karena kekurangan nutrisi, rambut akhirnya bisa mengalami kerontokan.

"Nutrisinya lebih banyak dipakai untuk recovery (pemulihan) pada bagian (yang sempat menjalani) pembedahan tersebut," ungkap Reiva.

Meski begitu, jika kamu mengalami kerontokan rambut setelah operasi, tak perlu khawatir ya. Sebab, kondisi ini biasanya berlangsung dalam kurun waktu tertentu. Setelah bekas operasinya benar-benar pulih, biasanya rambut tak akan lagi mengalami kerontokan.

"Berapa lama kembali normal? Setelah bekas operasi itu berangsur-angsur normal. Proses penyembuhan luka (bekas operasi) itu biasanya dua sampai tiga bulan," tutur Reiva.

Namun, kerontokan ini juga akan tergantung berbagai kondisi lainnya. Sebab, bisa jadi kerontokan rambut itu karena faktor nutrisi, usia, stres, hingga tak memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala.

Jika kerontokan rambut masih terjadi setelah bekas operasimu pulih, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya ya. Sehingga, penanganan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Foto: Ilustrasi Pexels/Skitterphoto


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler