Wajibkah Payudara Diangkat Saat Idap Kanker? Ini Penjelasannya

Bandung - TemanBaik, sebagian orang menganggap jika seseorang yang mengidap kanker payudara akan berujung payudaranya harus diangkat melalui operasi. Benarkah anggapan ini? Yuk, simak ulasannya!

Dalam penanganan kanker payudara, memang salah satu opsinya adalah mencabut atau mengangkat payudara. Namun, tak semua metode ini diperlukan. Artinya, tak semua pengidap kanker payudara mesti diangkat payudaranya.

"Tergantung (penanganannya seperti apa), makanya satu yang penting itu melakukan deteksi dini," kata dokter spesialis bedah onkologi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Dr. Dr. R. Yohana, Sp.B(K)., Onk.

Jika kanker payudara terdeteksi lebih dini, penanganan yang dilakukan kemungkinan lebih mudah. Namun, akan berbeda jika kanker payudara baru diketahui setelah ukurannya besar dan masuk ke stadium III atau IV.

"Kalau ketemu ukurannya kecil, mungkin saja enggak harus diangkat seluruh payudaranya. Tapi, kalau berukuran sudah besar, ingin mempertahankan payudara (agar tak diangkat), harus konsultasi. Karena ada beberapa cara untuk mempertahankan payudara," jelasnya.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Alasan Kenapa Ada Bulan Peduli Kanker Payudara

Dalam penanganan kanker payudara, biasanya akan melibatkan dokter dari berbagai keahlian. Mereka akan mempertimbangkan berbagai hal, termasuk memutuskan penanganan seperti apa yang diperlukan. Kata kuncinya, penanganan kanker payudara tak melulu operasi pengangkatan payudara kok.

"Kita harus lihat kasus per kasus. Kalau sudah terdeteksi, ada beberapa tahapan yang harus dikonsultasikan ke dokter, termasuk rencana keseluruhan," ungkap Yohana.

"Pada kanker, penanganan itu tidak satu, kadang-kadang melibatkan banyak modalitas pengobatan. Jadi bukan hanya operasi (solusi penanganannya), bisa kemoterapi, bisa radiasi, bisa pengobatan hormonal dengan minum obat, dan lain-lain," tuturnya.

Namun, untuk meminimalisir dampak buruk dari kanker payudara, kamu dianjurkan mengikuti saran dokter. Jika dokter menyarankan payudara harus diangkat, tentu itu karena kondisinya sudah parah. Jika tak parah, dokter tentu akan melakukan penanganan dengan cara lain.

Berdiskusi pun tak salah kok. Jangan ragu untuk bertanya soal opsi penanganan apa yang bisa dilakukan. Sehingga, kamu juga tahu risiko dan manfaatnya sebagai bahan pertimbangan menyetujui saran dokter.

"Diskusikan dengan dokter, jangan langsung putuskan sendiri. Karena banyak hal yang harus didiskusikan dari diagnosis (kanker payudara) tersebut," pungkas Yohana.

Foto: Ilustrasi Pexels/Miguel A Padrinan
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler