Redakan Sakit Gigi dengan Kiat Sederhana Ini Yuk!

Bandung - TemanBaik, sakit gigi merupakan hal yang umum terjadi dan merpa berbagai kalangan. Meski begitu, mengalami sakit gigi di masa pandemi seperti ini tak jarang menjadi tantangan tersendiri.

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, Elizabeth Fitriana Sari, drg.,Sp.PM melalui tayangan edukatif di kanal YouTube-nya menyebut kalau masyarakat akan sedikit kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan gigi selama pandemi. Hal ini disebabkan banyaknya dokter gigi yang enggak membuka praktik ataupun membatasi jumlah kunjungan pasien. Pasalnya, dokter gigi merupakan profesi yang rentan tertular virus korona.

Karena itu, pembukaan praktik dilakukan pembatasan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun di sisi lain, hal ini bisa menyebabkan terjadinya penumpukan pasien di beberapa tempat praktik dokter gigi.

Sebagai solusi, dokter yang biasa disapa Fitri ini punya beberapa kiat yang mungkin bisa kamu coba. Kiat pertama adalah minum obat antinyeri atau analgetik. Namun tentunya kamu harus memastikan dulu dirimu enggak punya alergi terhadap obat jenis ini. Obat anti nyeri seperti Paracetamol, Ibuprofen, hingga Asam Mefenamat bisa diminum untuk meredakan rasa sakit pada gigimu. Jika rasa sakit pada gigi tersebut disertai gejala lain seperti bengkak, maka disarankan untuk meminum obat Natrium Dilkofenak atau Kalium Dilkofenak.

“Obat jenis ini bisa diminum dalam waktu 3 hari secara penuh sampai rasa nyerinya hilang,” kata Fitri.

Kiat nomor dua ialah penggunaan obat kumur sebagai upaya pengurangan bakteri pada rongga mulut. Ya, jadi, penggunaan obat kumur ini bukan sepenuhnya untuk mengobati gigimu yang sakit. Melainkan untuk membunuh bakteri di rongga mulut yang menyebabkan nyeri pada gigimu. Soal obat kumur yang dimaksud, Fitri menjelaskan obat kumur yang baik mengandung Chlorhexidin Gluconate atau Povidone Iodine. Obat kumur cukup digunakan satu hingga dua kali sehari dan digunakan selama satu hingga dua minggu.

Kiat terakhir yang bisa kamu lakukan adalah tetap menjaga kesehatan. Oleh karenanya, yuk kita mulai gaya hidup sehat, makan makanan sehat, banyak minum, istirahat dan tidur yang cukup, hingga kurangi stres. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari serangan penyakit lain ke tubuhmu.

“Misalnya Anda sudah janjian dengan dokter gigi, ternyata Anda sakit yang mana sakitnya itu merupakan gejala-gejala covid-19 seperti batuk, misalnya, tetap Anda tidak bisa ke dokter gigi. Oleh karenanya, tetap jaga kesehatan ya,” pungkasnya.

TemanBaik, memang enggak nyaman rasanya mengalami sakit gigi di tengah kondisi terbatasnya akses pengobatan. Namun, itu artinya kita harus lebih sadar akan unsur yang lebih penting, yaitu kesehatan gigi dan mulut kita sendiri. Jadi, mulai saat ini, yuk tingkatkan kesadaran untuk merawatnya. Tetap sehat selalu di manapun kamu berada, ya!


Foto: Unsplash/Daniel Frank

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler