Menggiurkannya Bisnis Ikan Guppy, Ini Penjelasannya

Bandung - TemanBaik, belakangan ini, terutama sejak pandemi COVID-19, memelihara ikan menjadi tren tersendiri. Selain untuk mengisi waktu luang, memelihara ikan juga bisa jadi sarana melepas penat.

Di saat yang sama, memelihara ikan juga jadi bisnis cukup menjanjikan. Salah satu yang menarik adalah memelihara ikan guppy untuk bisnis. Mau tahu semenarik apa? Simak ulasannya, yuk!

Pemilik dari Sherilqa Fish and Farm di kawasan Cijawura, Bandung, Ryan Hidayat memberi bocoran bagaimana menjanjikannya bisnis ikan guppy atau Poecilia reticulata, terutama di saat pandemi. Omzet yang didapatkannya selama pandemi justru melesat tajam.

"Perbedaan sebelum dan setelah pandemi ini jauh sekali. Di masa pandemi, penjualan kita bisa sampai (minimal) tiga kali lipat sehari," kata Ryan.

Sebelum pandemi, omzet yang didapatkan Ryan untuk penjualan ikan guppy ada di kisaran Rp200-500 ribu per hari. Sedangkan sejak pandemi, ia bisa meraup omzet Rp4-5 juta per hari.

"Minimal Rp1-2 juta dalam sehari," ungkapnya.



Baca Ini Juga Yuk: Redakan Sakit Gigi dengan Kiat Sederhana Ini Yuk!

Untuk harga, ikan guppy yang dijual Ryan beragam, mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 juta. Itu tergantung dari jenis ikan guppy yang dijual. "Ini tergantung jenisnya, kualitas, termasuk umur," ucapnya.

Dengan memelihara ikan guppy, untung yang didapat pun bisa berlipat. Sebab, kamu bisa mengembangbiakkannya. Hasil dari anakannya itulah yang kemudian bisa dijual.

Mau tahu jumlah anak yang bisa dihasilkan sepasang indukan guppy? Jumlahnya bisa mencapai 200 ekor lebih loh dalam sekali menetas. Bayangkan berapa kali lipat keuntungan yang kamu dapat jika berhasil menjual ikan hasil budidaya tersebut!

Hal ini tentu bisa jadi celah bisnis bagi TemanBaik yang ingin membuka usaha baru. Namun, jangan terburu-buru memulai bisnis ini ya. Kamu disarankan menyiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Pelajari bagaimana cara memilih ikan guppy, mengembangbiakkannya, hingga cara memasarkannya. Jangan lupa juga minimalisir potensi yang bisa membuatmu mengalami kerugian.

Jika kamu bisa menjalankannya dengan baik, potensi meraup untung dari ikan guppy ini bakal sangat terbuka loh. Apalagi, tren memelihara ikan guppy ini saat ini semakin digandrungi.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler