Kenapa Ya Imunisasi Perlu Diulang? Begini Penjelasannya

Bandung - TemanBaik, vaksinasi atau imunisasi biasanya diberikan kepada mereka yang masih bayi, tepatnya saat usia 0-18 bulan. Imunisasi ini kemudian akan diulang saat seseorang memasuki usia sekolah dasar, tepatnya kelas 1, 2, dan 5.

Pernah enggak kamu berpikir kenapa vaksinasi atau imunisasi ini perlu diulang? Kan sudah pernah divaksin, kenapa harus divaksin lagi? Simak ulasannya, yuk!

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip mengatakan imunisasi bertujuan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit tertentu. Sehingga, mereka yang sudah divaksin akan terhindar dari penyakit tersebut.

"Jadi, imunisasi ini adalah upaya untuk memberi kekebalan kepada seseorang tanpa harus terkena penyakit tersebut. Itu inti imunisasi," kata Rosye di Balai Kota Bandung, Selasa (17/11/2020).

Lalu, kenapa vaksinasi harus diulang kembali setelah beberapa tahun meski sudah menerimanya? Ini bertujuan agar daya tahan tubuh seseorang itu benar-benar kuat terhadap suatu penyakit. Sebab, imunisasi yang dilakukan saat seseorang berusia 0-18 bulan, tak cukup melindungi orang tersebut hingga usia dewasa.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Terapkan #KebiasaanBaik Ini untuk Atasi Permasalahan Sampah

Karena itu, ketika seseorang masuk usia SD, maka imunisasi perlu diulang. Vaksin yang diberikan dalam imunisasi itu adalah campak, rubella, difteri, dan tetanus. Jika ketika usia SD tidak dilakukan imunisasi ulang, maka potensi terpapar penyakit-penyakit itu bisa terbuka.

"Kalau bolong di usia sekolah (tidak diimunisasi ulang), ketika berangkat dewasa, perlindungan atau imunitas diri terhadap penyakit difteri, tetanus, campak, rubella, enggak akan cukup dia. Jadi, kemungkinan terkena atau mendapat penyakit itu jadi lebih besar dibanding dengan yang dilakukan imunisasi ulang," jelas Rosye.

Imunisasi ulang itu menurutnya ibarat booster untuk meningkatkan imunitas terhadap penyakit-penyakit di atas. Sehingga, daya tahan tubuhnya akan jadi lebih maksimal.

Lalu, kenapa empat penyakit itu yang jadi perhatian dan disediakan vaksinnya oleh pemerintah? Itu karena keempat penyakit itu rentan terjadi di Indonesia. Sehingga, anak-anak perlu diberikan 'senjata' untuk melawan penyakit tersebut.

Di usia anak sekolah, tepatnya kelas 1, 2, dan 5, imunitas akibat vaksin yang pernah diberikan terjadi penurunan. Sehingga, di usia tersebut sangat tepat dilakukan imunisasi ulang. Ibarat baterai, dayanya sudah menurun dan perlu di-charge ulang agar dayanya terisi penuh.

"Umur itulah waktunya dilakukan booster atau kembali dilakukan imunisasi supaya kekebalan tubuhnya bertambah. Itu untuk melindungi seseorang sampai usia dewasa," tandas Rosye.

Foto: Ilustrasi Pexels/Artem Podrez

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler