Yuk! Lebih Peka Saat Gunakan Cincin Agar tak Tersangkut di Jari

Bandung - TemanBaik, jika kamu memakai cincin, sebaiknya tingkatkan kepekaan dan kewaspadaanmu ya. Tujuannya agar cincin enggak jadi masalah di kemudian hari.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, kasus cincin tersangkut di jari bukan hal aneh lagi. Biasanya, ini terjadi karena jari membengkak sehingga cincin tak bisa dikeluarkan.

Ketika tak bisa dikeluarkan, cincin berpotensi menekan area sekitar jari. Ujung-ujungnya aliran darah akan terhambat. Dalam kasus yang parah, pembengkakkan jari bisa semakin besar. Cincin pun bakal terjebak. Jika ini terjadi, rasa sakit yang ditimbulkan akan luar biasa.

Kabid Kesiapsiagaan Penanggulangan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Yusuf Hidayat mengatakan kasus cincin tak bisa dikeluarkan dari jari termasuk yang cukup ditangani Diskar PB.

"Kalau ada yang ke dokter juga malah sering yang diarahkan untuk ditangani sama kita," ujar Yusuf.

Dari sekian banyak kasus cincin tak bisa dikeluarkan, semuanya mengalami pembengkakkan. Bahkan, ada kasus yang cukup mengerikan.

"Saya sampai lihat sendiri ada yang bengkaknya sampai segede jempol kaki," ungkap Yusuf.

Baca Ini Juga Yuk: Kenapa Ya Imunisasi Perlu Diulang? Begini Penjelasannya

Wah, kebayang enggak bagaimana sakitnya jari yang bengkak bisa sampai sebesar itu? Ukuran jempol kaki sendiri biasanya beberapa kali lipat lebih besar dari jempol tangan.

Namun, jangankan sebesar jempol kaki, bengkak sedikit saja akan menyakitkan loh, TemanBaik. Apalagi jika tak segera ditangani, bengkaknya akan semakin besar.

Karena itu, ia mengingatkan agar mereka yang menggunakan cincin waspada. Jika ukuran cincin dirasa sudah mulai kecil akibat jari yang membesar, segera lepaskan. Salah satu yang membuat cincin terasa menjadi sempit adalah meningkatnya berat badan.

Jadi, rajin-rajin mengecek cincin ya apakah masih bisa keluar-masuk jari dengan mudah atau tidak. Selain itu, hindari memakai cincin jika ada area yang luka, terutama di sekitar area dipasangnya cincin. Segera obati area yang luka itu sebelum kembali memakai cincin.

"Kalau ada luka enggak segera ditangani, itu bisa infeksi dan membesar (jari membengkak)," jelas Yusuf.

Jika sudah terlanjur cincin tersangkut di jari, ia ditangani secara ahli medis. Sehingga, cincin segera dikeluarkan dan kemungkinan kondisinya memburuk bisa diminimalisir. Hindari menanganinya sendiri. Sebab, salah penanganan justru bisa membuat kondisinya semakin memburuk.

Namun, khusus di Kota Bandung, petugas Diskar PB punya spesialisasi dalam urusan melepas cincin ini. Mereka sudah bertahun-tahun menangani kasus seperti itu.

Dalam melepas cincin, ada teknik khusus yang diterapkan. Sehingga, potensi melukai jari bisa ditekan sekecil mungkin. Salah satu alat yang dipakai adalah gergaji berukuran kecil.

Nah, coba cek deh cincinmu sekarang, masih bisa keluar-masuk jari dengan mudah enggak? Ulangi pengecekan ini selama beberapa pekan sekali ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Pexels/Freestocks.org

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler