Selain Dirusak, Sterilkan Dulu Masker Bedah Sebelum Dibuang Ya!

Bandung - TemanBaik, sudah tahu kan cara membuang masker bedah alias masker sekali pakai? Masker perlu dirusak, baik dengan cara dirobek maupun digunting sebelum dibuang.

Namun, pastikan kamu mencuci tangan atau membersihkan alat yang kamu pakai usai merusak masker. Sehingga, potensi tertular penyakit bisa diminimalisir.

Kenapa sih harus dirusak? Tujuannya demi menghindari orang tak bertanggung jawab mendaur ulang masker tersebut. Sebab, masker medis memang hanya direkomendasikan untuk sekali pemakaian saja, bukan untuk didaur ulang.

Tapi, ternyata enggak cukup hanya dirusak loh. Masker bedah perlu perlakuan lain sebelum dibuang biar virusnya mati. Caranya juga sederhana kok dan kamu bisa melakukannya sendiri.

"Larutan sabun sudah bisa mematikan virusnya," kata pakar lingkungan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) I Gusti Dewa Ayu Agung Warmadewanthi di laman resmi ITS.




Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Lebih Peka Saat Gunakan Cincin Agar tak Tersangkut di Jari

Jika tidak disterilkan, sampah masker sekali pakai ini berpotensi jadi sumber penularan penyakit. Orang yang berada di garda terdepan tentu adalah petugas pengepul sampah. Jika mereka sampai terpapar penyakit, bukan tak mungkin penyakitnya bakal menular pada orang lain.

"Sampah ini harus diolah karena membahayakan kesehatan manusia dan bersifat infeksius," ungkap Wawa, sapaan akrabnya.

Dengan membuat sampah masker bedah steril sebelum dibuang, ini bisa jadi kontribusi nyata kamu dalam memerangi COVID-19 dan penyakit lainnya. Cara ini mungkin dipandang hal kecil atau sederhana, tapi bisa berdampak nyata loh dalam memerangi COVID-19.

"Asal masyarakat juga mau berperan, cara penanggulangan jadi lebih sederhana," jelas alumnus National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) tersebut.

Jadi, jangan asal buang sampah masker, TemanBaik! Ingat, selain merusaknya, sterilkan sampah masker dengan merendamnya menggunakan air sabun selama beberapa menit. Setelah itu baru deh dibuang.

Meski sudah disterilkan, usahakan juga sampah masker ini dikemas tertutup, misalnya dibungkus kertas atau plastik. Plastik yang dipakai juga tak harus baru kok demi meminimalisir produksi sampah plastik.


Kamu bisa memakai plastik bekas kemasan makanan atau lainnya. Namun, pastikan plastiknya tertutup rapat ya, misalnya menggunakan karet, tali, atau mengikatnya.

Foto: Ilustrasi Pexels/Anna Shvets
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler