Yuk! Cek Kadar Air di Rumah Biar Rambut Kamu Enggak Rontok

Bandung - TemanBaik, tahu enggak jika air di rumah yang biasa kamu pakai mandi bisa mengakibatkan rambut rontok? Kenapa ya ini bisa terjadi?

"Pengaruh air bisa mengakibatkan kerontokkan rambut? Jawabannya bisa," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Reiva Farah Dwiyana.

Air sendiri memiliki berbagai kandungan. Namun, enggak semua kandungan dalam air itu positif dan baik untuk tubuh, termasuk kesehatan rambut serta kulit kepala.

"Kadar besi, zinc, dan lain-lain (dalam kandungan air) itu bisa berpengaruh ke rambut," ungkapnya.

Baca Ini Juga Yuk: 

Air dengan bau karat yang mengandung kadar besi tinggi misalnya, ini akan memengaruhi pertumbuhan rambut dan mengakibatkan kerontokkan. Apalagi jika dalam air terdapat sulfur atau bakteri negatif. Siap-siap deh kerontokkan rambut bakal menghampirimu.

"Ketika ada pengaruh dari luar, ada zat kimia, itu bisa menyebabkan kerontokkan," jelas Reiva.

Karena itu, kamu perlu tahu bagaimana kondisi air yang biasa digunakan, terutama untuk mandi. Dengan begitu, dampak negatifnya bisa diminimalisir.

Saat ini, banyak kok berbagai alat untuk mengecek kandungan air. Bahkan, ada beragam solusi yang bisa dilakukan. Contohnya, kamu bisa membeli filter air untuk mengatasi air bermasalah.

Filter ini juga beragam kok tergantung kebutuhan. Ada yang berfungsi mengurangi atau menghilangkan kandungan zat besi, membuat air tak berbau, hingga membuat air jadi sangat jernih.

Bahkan, jika kamu punya bujet minim untuk membeli filter air, kamu bisa mengakalinya dengan biaya seadanya. Banyak kok tutorial cara membuat filter air yang bisa kamu cari dengan berselancar di internet.

Foto: Ilustrasi Pexels/Element Digital
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler