Yuk! Belajar Bahasa Asing dan Budayanya di Polyglota Bandung

Bandung - TemanBaik, saat ini ada banyak tempat kursus bahasa asing di berbagai daerah, begitu juga di Kota Bandung. Namun, kini ada tempat kursus baru yang memiliki keunggulan tersendiri. Namanya Polyglota.

Berlokasi di Jalan Rereng Wulung Nomor 25, tempat ini jadi solusi bagi yang ingin belajar bahasa asing. Di sini, ada empat bahasa yang bisa kamu pelajari, yaitu bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, dan Italia.

Untuk metode pembelajaran, butuh waktu antara 4,5 hingga 5 bulan hingga kamu fasih mengucapkan dan menulis bahasa asing. Perkiraan waktu belajar ini tentu tergantung kemauan belajar. Namun, secara umum, waktu selama itu adalah waktu yang efektif untuk membuat orang mahis berbahasa asing.

"Kita sudah menganalisa ini bertahun-tahun. Normalnya orang Indonesia menyerap linguistik asing berapa lama? Normalnya 4,5 bulan sampai 5 bulan," kata Head of Director Polyglota Husein Abdullah Alkatiri.

Agar pembelajaran berjalan efektif, satu kelasnya hanya diisi maksimal lima orang. Cara ini membuat setiap peserta kursus bisa lebih intens dan ngebut dalam belajar. Berbagai kekurangan atau kelemahan peserta kursus mudah diketahui dan gampang diatasi. Sehingga, target waktu pembelajaran bisa berjalan tepat waktu.

Sebab, permasalahan setiap orang dalam belajar bahasa asing berbeda-beda. Misalnya ada yang lemah dalam pelafalan, kata per kata, hingga kesulitan menyusun kalimat percakapan dan tulisan.

"Kita lakukan itu biar pembelajaran cepat karena mengejar target 4,5 sampai 5 bulan," ucap Husein.



Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Lakukan Gaya Hidup Ramah Lingkungan Demi Keberlanjutan Bumi 

Tak Hanya Ajarkan Bahasa Asing
Hal yang berbeda dari Polyglota dibanding tempat kursus lain adalah metode pengajaran. Di sini pengajarnya bukan orang asing. Pengajarnya justru orang lokal dengan pengalaman tinggi dalam tataran dunia teori dan praktik.

Sehingga, di sini kamu enggak akan pernah belajar dengan cara mendengarkan rekaman. Bahkan, pengajarnya tak menggunakan buku atau panduan karena semuanya sudah ada dalam kepala.

Pengajarannya pun lebih menyentuh ke tingkat personal. Peserta kursus bahkan bakal terus dimotivasi agar bisa menguasai bahasa asing. Sehingga, diharapkan peserta selalu semangat dalam belajar.

Setelah selesai dalam waktu lima bulan, peserta bakal diajak untuk lebih fokus lagi pada pembelajaran selama tiga bulan. Sehingga, totalnya, kamu bakal belajar selama delapan bulan. Bagian inilah yang membedakan Polyglota dengan tempat kursus lain. Peserta diajarkan untuk memahami budaya asing sesuai dengan bahasa yang dipelajari.

"Kita belajar kultur, misalnya kamu kalau Spanyol itu jangan begini, di sana tuh adat istiadatnya begini," tutur Husein.

Misalnya jika kamu belajar bahasa Inggris, kamu akan diajarkan bagaimana cara bersikap ketika berbicara dengan orang Amerika, Inggris, atau orang dari negara lain yang berbahasa Inggris. Sehingga, enggak sekadar fasih, kamu akan terlihat elegan menggunakan bahasa asing yang dipelajari.

Selain itu, peserta kursus juga akan difokuskan untuk mempelajari lebih detail bahasa asing sesuai dengan kebutuhan. Dalam lima bulan awal, kamu akan digembleng belajar bicara dan menulis bahasa asing secara umum. Setelah itu, kursus akan berlanjut sesuai tujuan kamu belajar.

Contohnya jika kamu seorang dokter, kamu tentu perlu menguasai bahasa asing di bidang kedokteran. Bagian inilah yang akan diperdalam. Sehingga, kamu bisa bicara dan menulis seputar dunia kedokteran dengan bahasa asing.

Contoh lainnya, jika kamu belajar bahasa Italia karena akan bekerja di Italia, kamu akan dibekali kemampuan bicara sesuai bidang yang bakal ditekuni. Misalnya jika kamu akan bekerja di bidang pertambangan, kamu akan dibuat paham betul bagaimana menggunakan bahasa asing, baik untuk percakapan hingga presentasi dengan gaya meyakinkan.

Husein lalu memberi contoh berikutnya. Jika kamu seorang jurnalis yang belajar bahasa asing untuk bekerja di media Amerika, kamu akan diajarkan bagaimana cara menghadapi interview oleh HRD hingga mewawancarai narasumber dan tentunya membuat berita dengan gaya Amerika.

Nah, jika TemanBaik, ingin belajar di Polyglota Bandung, kamu tinggal datang ke lokasi ya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi nomor 0812-2498-9929 dan surat elektronik polyglota.id@gmail.com.

Untuk biaya kursus, setiap bahasa asing yang dipelajar berbeda. Untuk bahasa Inggris Rp2,4 juta per bulan, Perancis dan Spanyol Rp3,1 juta, dan Italia Rp3,5 juta. Dalam sebulan, total ada 12 kali pertemuan. Khusus untuk periode pendaftaran 15 November hingga 31 Desember, ada potongan harga Rp500 ribu.

Foto: Husein Abdullah Alkatiri (Oris Riswan/Beritabaik.id)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler