Kamu Mau Pelihara Kucing? Perhatikan Beberapa Hal Ini Ya!

Bandung - Bagi sebagian orang mempunyai hewan peliharaan adalah hal menyenangkan. Tidak hanya merasa punya teman bermain, tapi banyak penelitian yang menyebutkan jika keberadaan hewan peliharaan bisa membuat kita lebih sehat secara fisik ataupun psikis.

Kucing merupakan salah satu hewan yang umum untuk dipelihara oleh manusia. Hewan yang sering disebut anabul (anak bulu) ini menarik perhatian karena tingkahnya yang menggemaskan. 

Tapi saat ingin memelihara kucing, baiknya kita pelihara mereka sepenuh hati ya, TemanBaik. Karena memelihara bukan hanya bicara soal memberi makan dan mengajaknya bermain, tapi banyak hal yang perlu kita pelajari dan persiapkan loh!

Biar kamu gak bingung, Willy Priyoko, seorang pecinta kucing sekaligus pembuat konten kucing yang akrab disapa Om Wepe ini punya beberapa hal menarik masih jarang diketahui seputar kucing. Yuk simak!

Pertama, kerontokan bulu. Saat memutuskan untuk memelihara kucing, maka kita tidak akan terlepas dari urusan bulunya yang rontok. Menurut Om Wepe, jika kita berpikir kalau kucing yang sehat adalah kucing yang bulunya tidak pernah rontok, itu salah! Karena siklus bulu rontok adalah hal wajar saat dialami oleh kucing.

"Jadi kalau ada orang yang belum pernah memelihara kucing terus berharap punya kucing yang bulunya gak rontok, ya jangan pelihara kucing," ujar Om Wepe.

Kedua, kebiasaan menggigit dan mencakar. Kucing memiliki naluri alami yaitu sebagai predator dan mangsa. Apalagi ketika kucing peliharaan kita masih kecil, ia akan lebih aktif dan senang bermain untuk mengganti aktivitas berburu.

Baca Ini Juga Yuk: Menjaga Kesehatan Mental Bisa dengan Membaca Buku Loh!

Saat kucing tak punya teman bermain sesamanya, ia akan mencoba mengajak kita bermain dengan cara yang sama. Karena itu terkadang mereka menggigit atau mencakar saat diajak bermain. 

Semakin dewasa kucing, kebiasaan menggigit dan mencakar ini akan berkurang kok, TemanBaik. Asalkan kita jangan membiasakan mereka untuk melakukannya ya! Jika mereka sudah ingin menyerang, coba alihkan perhatian mereka pada mainan bukan tangan kita. 

Ketiga, memberi keju dan kuning telur. Kita pasti senang jika melihat kucing peliharaan tumbuh sehat dan aktif. Untuk itu kita perlu memberikan nutrisi yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan telur. Tapi ingat, baik dalam keadaan mentah atau matang, TemanBaik hanya boleh memberikan bagian kuning telur ya!

Om Wepe menjelaskan dalam salah satu kontennya, bahwa memberikan kuning telur untuk kucing dapat memberi manfaat berupa protein, lemak, vitamin B kompleks, hingga 90 jenis asam amino alami. 

Selain kuning telur, keju juga boleh diberikan sesekali sebagai camilan kucing. Pemberian keju dinilai aman karena proses fermentasi sudah menghilangkan laktosa pada susu yang dapat mengganggu pencernaan kucing. Jadi keju hanya mengandung sedikit laktosa. Keju dapat memberikan protein, lemak, dan mineral untuk kucing loh, TemanBaik!

Keempat, jangan bandingkan kucing dengan anjing. Sadar atau tidak, masih banyak dari kita yang sering membandingkan kedua hewan ini. Misalnya karena anjing yang bisa diajak jalan-jalan keluar rumah, sedangkan kucing tidak. 

"Kucing itu lebih senang di rumah, di lingkungan yang dia kenal dan semua berjalan sesuai rutinitas yang mereka kenal. Jadi kalau kucing dibawa jalan-jalan terus ketemu kucing lain, mereka akan stres. Kucing dan anjing itu berbeda, dan orang harus tahu," tegas Om Wepe.

Jadi, ketika sudah memutuskan untuk memelihara kucing, terimalah mereka sebagai kucing ya TemanBaik. Tidak perlu dibandingkan dengan hewan apapun. 

Kelima, kucing tidak selalu lucu. Mungkin bagi sebagian orang salah satu alasan ingin memelihara kucing adalah karena tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan. Tapi jangan lupa, jika mereka tetap makhluk hidup yang terkadang bandel dan keras kepala. 

Ternyata banyak hal penting yang sepertinya masih jarang terbahas soal memelihara kucing ya, TemanBaik? Tapi lima hal tadi belum seberapa, kamu bisa dapat lebih banyak informasi seputar kucing di kanal Youtube Kucing Om Wepe, atau Instagramnya di @kucingomwepe. 

Nah, dari sini kita bisa belajar ya TemanBaik, jika ingin memelihara hewan, termasuk kucing, kita harus mempersiapkan diri. Bukan hanya dari segi kemampuan untuk memberi mereka makan, tapi mempelajari lebih dalam soal kebiasaan hingga apa yang membuat mereka nyaman dan senang juga bagian dari bentuk kasih sayang yang dapat kita berikan.

Foto: Ilustrasi Unsplash/ Willian Justen de Vasconcellos

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler