Empat Produk Olahan dari Lebah Madu Ini Perlu Kamu Coba

Bandung - TemanBaik pernah lihat binatang lebah atau tawon? Ya, serangga yang dihindari sengatannya ini ternyata punya banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh loh!

Beritabaik.id punya kesempatan ngobrol dengan Bugi Suryatanu. Pengelola UMKM Dabura yang menjual berbagai produk olahan dari lebah ini menjelaskan kepada kami kalau setidaknya ada empat produk olahan dari lebah yang bisa kamu nikmati sebagai penambah kekuatan daya tahan tubuh. Apa saja sih keempat olahan tersebut? Yuk simak ulasan di bawah ini!


                                                                                     Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id

Madu
Produk olahan lebah yang satu ini cukup populer di telinga kita. Ya, madu adalah sari bunga dari lebah. Di dalam madu, terdapat campuran senyawa fruktosa (kurang lebih 38.5%) dan glukosa (kurang lebih 31,0 %). Selain itu, ada pula karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, karbohidrat lainnya. Madu juga mengandung antioksidan dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, yang banyak. Varian komposisi inilah yang membuat madu sangat bagus untuk menjaga stamina dan kesehatan. Sebagai informasi, Madu Odeng yang dijual di Dabura Olshop dibanderol dengan harga Rp90 ribu untuk kemasan 400gram.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Jaga Kesehatan Kulit dengan Rutin Gunakan Skincare


                                                                                   Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id

Propolis

Nah, produk yang satu ini juga mungkin pernah kamu dengar, bukan? Ya, Propolis itu sendiri adalah lemak dari lebah yang dikumpulkan dari daun muda, atau cairan berbau manis dari tumbuhan. Produk dari lemak madu ini kemudian dikunyah dan dicampur dalam tubuh lebah. Hasilnya disimpan dalam keranjang serbuk sari yang terletak di kaki belakang lebah.

Propolis yang kaya vitamin dan mineral ini juga punya banyak khasiat sebagai antioksidan serta regenerasi sel. Enggak hanya itu, propolis juga bisa menjadi disinfektan alami dan pembunuh kuman.

Royal Jelly
Royal Jelly atau madu lebah berasal dari kelenjar hipofaring lebah. Produk ini mengandung 12% protein, 12% gula, 6% lemak, dan masih banyak kandungan lainnya. Produk ini juga kaya vitamin B, terutama asam pantotenat.

Khasiat Royal Jelly ini juga luar biasa, antara lain sebagai anti tumor, antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri, anti alergi, anti aging, dan anti hipertensi. 

Bee Pollen
Sudah pernah dengar produk Bee Pollen ini? Ya, Bee Pollen adalah serbuk sari yang dikumpulkan dan dibawa ke sarang lebah madu. Sederhananya, menurut Bugi, Bee Polen adalah bagian tubuh lebah saat ia seperti membersihkan dirinya, lalu dikumpulkan menjadi serbuk.

Kandungan vitamin dari Bee Pollen ini sangat kaya. Antara lain A, D, E, K, C, dan B komplek terutama niasin dan asam pantotenat (B5). Sama seperti madu, khasiat dari Bee Pollen ini menjaga stamina dan konsentrasi sepanjang hari. Untuk jangka panjang, khasiat Bee Pollen antara lain dapat mengurangi ketidaknyamanan di usia tua, dan menangani gejala menopause.

Wah, luar biasa sekali ya kandungan manfaat dari lebah yang menyehatkan tubuh ini. Di antara keempat produk berbahan dasar lebah, yang manakah yang jadi favoritmu, TemanBaik?

 
Foto: Ilustrasi Unsplash/Timothy L. Brock

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler