Cukupkah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut dengan Menyikatnya Saja?

Jember - TemanBaik, seberapa peduli kamu dengan kesehatan kebersihan gigi dan mulut? Banyak yang belum benar-benar selalu menyadari bahwa rongga mulut adalah pintu gerbang masuknya bermacam-macam mikroorganisme ke dalam tubuh.

Masuknya mikroorganisme tersebut bersamaan dengan masuknya makanan, minuman, maupun beberapa aktivitas lainnya seperti memasukkan jari ke dalam mulut, menggigit kuku, merokok, dan sebagainya.

Dengan risiko yang sebesar itu, maka sudah semestinya kesehatan gigi dan mulut menjadi prioritas. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan organ yang satu ini? Tidakkah menyikat gigi saja sudah cukup?

drg. Miftah Dewi Masyitoh menjawab  dan menjelaskan hal ini, "Menjaga kesehatan rongga mulut yang paling utama adalah dengan menyikat gigi. Mengapa yang paling utama? Sebab sikat gigi merupakan tindakan yang dapat membersihkan gigi dari kuman dan menyegarkan rongga mulut. Kandungan dalam pasta gigi juga dapat membantu menyehatkan gigi."

Baca Ini Juga Yuk: Begini Tips Memilih Produk Skincare untuk Kulit Wajahmu

Namun tentu saja, efektivitas sikat gigi juga tergantung dari ketepatan cara membersihkannya. Buatlah gerakan melingkar saat menyikat gigi guna melepaskan lapisan plak yang menempel. Jangan tergesa-gesa saat melakukannya karena selain membuat sikat gigi jadi tidak efektif, beberapa risiko seperti melukai gusi sangat mungkin terjadi. Tak lupa, bersihkan pula area lidah.

Di samping itu, waktu menyikat gigi juga perlu diperhatikan. Sikat gigi idealnya dilakukan di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Mendisiplinkan kebiasaan ini akan sangat membantu gigi dan mulut tetap terjaga bersih dan sehat.

Flossing juga boleh dilakukan. Membersihkan gigi dengan benang ini bertujuan untuk mengenyahkan sisa kotoran terutama di area yang tak cukup dengan sikat gigi. Untuk hasil yang lebih sempurna, flossing dilakukan sebelum menyikat gigi.

"Selain menyikat gigi, ada beberapa tindakan pendukung lainnya yang perlu dilakukan. Konsumsilah makanan yang bergizi seperti buah dan minum susu berkalsium. Kurangi pula makan makanan yang manis dan lengket apalagi jika tidak diimbangi dengan disiplin menyikat gigi. Tak lupa, kontrol ke dokter gigi enam bulan sekali."

Ternyata tidak sulit ya, menjaga kesehatan gigi dan mulut. Yuk, mumpung masih awal tahun, jadikan aktivitas menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai resolusi dan kebiasaan baru yang perlu didisiplinkan. Kalau bisa dicegah, kenapa harus menunggu sampai diobati, bukan?

Foto: Ilustrasi Freepik

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler