Kamu Ingin Gonta-Ganti Gaya Fesyen? #TukarBaju Aja Yuk!

Jakarta - TemanBaik, apakah kamu gemar mengkombinasikan berbagai model pakaian? Atau mungkin cepat bosan dengan pakaian yang itu-itu saja? Hal itu tidak salah sih, namun jika karena itu kamu terlalu sering membeli pakaian baru, bisa memberi dampak kurang baik untuk lingkungan loh. 

Setiap pakaian yang kita kenakan akan berakhir menjadi sampah fesyen yang jika dibiarkan begitu saja akan memiliki dampak buruk bagi bumi dan juga mengancam kehidupan di dalamnya, termasuk manusia. 

Tapi tenang saja, masih banyak cara kok untuk tetap bisa mencoba berbagai model fesyen tanpa harus terus membeli pakaian baru. Salah satu solusinya adalah dengan ikut kampanye #TukarBaju yang digagas oleh Komunitas Zero Waste Indonesia. 

Kampanye yang lahir sejak 4 Mei 2019 dengan nama #TukarBaju ini hadir sebagai solusi sampah fesyen dan limbah tekstil di Indonesia. Kampanye #TukarBaju diharapkan dapat mengedukasi serta menyadarkan masyarakat jika masih ada limbah yang tak kalah berbahaya dari limbah plastik. 

"#TukarBaju adalah sebuah konsep dimana orang membawa pakaian bekas layak pakai lalu menukarkannya dengan pakaian orang lain. Memberikan makna baru untuk sebuah kata 'baru'," ujar Naurah, campaign activation #TukarBaju.

Tidak hanya dapat bertukar baju dengan orang lain, rupanya kampanye #TukarBaju juga memiliki berbagai program lain yang tak kalah menarik dan tentu berguna untuk menekan melonjaknya sampah fesyen. 

Dimulai dari sub-kampanye #TukarBaju yaitu #MulaiDariLemari (MDL), gerakan ini mengajak TemanBaik untuk berkomitmen tidak membeli pakaian baru selama 3 bulan.



Baca Ini Juga Yuk: Fesyen Berkelanjutan untuk Kurangi Sampah dan Limbah Tekstil

Selain itu kampanye #TukarBaju juga aktif menyelenggarakan acara berupa talkshow seputar fesyen untuk bisa lebih mengedukasi masyarakat tentang isu yang ada di industri fesyen itu sendiri. 

Tak hanya mengedukasi masyarakat secara langsung, edukasi pun rutin dilakukan melalui media sosial instagram @tukarbaju_ dan situs www.zerowaste.id pada laman Zero Waste Fashion. 

Selain dengan bertukar baju, rupanya masih banyak cara lain yang bisa TemanBaik lakukan untuk memperpanjang umur pakaian sekalipun sudah tidak digunakan loh!

Pertama TemanBaik bisa melakukan reparasi pakaian. Jika pakaian yang kita miliki hanya mengalami kerusakan minor, tentu reparasi bisa menjadi solusi pertama untuk membetulkannya. Jadi jangan langsung dibuang ya!

Selain itu pakaian yang sudah tidak kita gunakan juga bisa didonasikan, hal ini diharapkan dapat mengurangi kesenjangan atas kondisi pemenuhan dasar yang masih timpang. 

"Namun perlu diperhatikan jika pakaian yang didonasikan tetaplah harus pakaian yang masih layak, dalam arti masih berfungsi seutuhnya sebagai pakaian," ujar Diana, yang juga menjadi campaign activation #TukarBaju. 

Tidak hanya itu, pakaian yang TemanBaik miliki juga bisa dirombak ulang menjadi pakaian atau barang lain yang baru dan berbeda dengan mengambil bagian yang masih layak untuk digunakan. Menurut Diana, hal ini dinamakan upcycle. 

"Walaupun bagian yang sudah tidak layak harus tetap terbuang, upcyling tetap menjadi solusi amat baik untuk mereduksi sampah dengan setiap inci pakaian yang masih layak dapat dimanfaatkan," ujar Diana. 

Nah, jika memang pakaian mu sudah tidak dapat berfungsi sebagai pakaian lagi, lakukanlah repurpose atau memanfaatkan pakaian dengan fungsi yang berbeda, misalnya menjadi sapu tangan, hingga tas kain.

Ternyata banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah fesyen ya, TemanBaik?

Melalui kampanye #TukarBaju Komunitas Zero Waste Indonesia berharap semakin banyak masyarakat yang peduli dan sadar mengenai isu-isu di industri fesyen, sehingga upaya menuju feyen berkelanjutan dapat lebih maksimal. 

"Tentunya dengan kolaborasi dan kesinambungan dari seluruh elemen seperti masyarakat, media, pelaku industri, dan pemerintah," tutup Naurah. 

Kampanye #TukarBaju yang digagas oleh Komunitas Zero Waste Indonesia serta berbagai cara lain yang dapat kita lakukan untuk memperpanjang usia pakaian dan meminimalisir sampah fesyen nyatanya tak sulit untuk dilakukan jika kita mau memulainya.

Tidak membeli baju baru bukan berarti tidak dapat mengikuti tren fesyen yang ada kok, TemanBaik. Yuk #TukarBaju mu saja! 

Foto: dok. Kampanye #TukarBaju oleh Komunitas Zero Waste Indonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler