Yuk, Atur Kebiasaan Jajan agar Enggak Stres dan Tetap Sehat

Jakarta - TemanBaik, sudah pasti senang dan menyukai kegiatan jajan, dong. Namanya jajan terutama makanan, pasti kamu lakukan setiap hari. Apalagi di masa sekarang yang serba daring, jajan sudah tidak perlu keluar rumah mencari jajanan, hanya perlu pesan lewat fitur antar makanan daring. Tapi apakah TemanBaik tahu, kalau kebiasaan jajan yang kurang baik dapat membuat stres? Simak faktanya, yuk!

Kebiasaan jajan ini tentunya adalah perilaku sadar dan biasanya berulang oleh setiap manusia. Karena mengonsumsi makanan dan memilih makanan sesuai keinginan adalah sifat alami manusia. Selain itu kebiasaan jajan juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya sekitar juga. Oleh karena itu, bila kebiasaan jajan kamu salah, akan berpengaruh kepada fisik maupun mental kamu loh!

Hal ini dipaparkan dalam sebuah seminar daring yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus dengan judul 'Sugar and Mental Health: Are You Sweet Couple?' pada Sabtu, (13/02). Sebagai narasumber, Maria Meylan Yuliany Fernandez, M. Gizi menjelaskan bahwa terdapat faktor-faktor yang dapat memengaruhi kebiasaan jajan kita.


Pertama adalah faktor pengetahuan. Mengetahui makanan mana yang lebih sehat, tentu akan menentukan kebiasaan jajan kamu. Tentunya kamu ingin jajan dengan porsi dan kandungan makanan yang menyehatkan. Jadi, kita harus lebih banyak cari tahu tentang pengetahuan tentang makanan dan gizi.

Baca Ini Juga Yuk: Kata Ibunda Nadin Amizah Soal Mengontrol Anak Main Medsos

Faktor kedua adalah tingkat stres. Nah, biasanya kebiasaan dan keinginan jajan akan meningkat lebih besar karena stres. Tapi, jajan dan ngemil juga dapat membuat stres kamu berkurang, hal ini juga dipaparkan oleh Maria.

"Untuk stresnya ini, banyak pengakuan dari teman-teman di sekitar dan banyak pengakuan dari mahasiswa-mahasiswa, saya kalo stres saya makan aja ah, kalau udah makan lumayan stres saya berkurang atau mood saya jadi lebih baik," tutur Maria.

Oleh karena itu, kebiasaan jajan ketika stres boleh dilakukan, namun tetap dibatasi dan tak berlebihan. Jangan lupa tetap terapkan pengetahuan terhadap jajanan dan olahraga yang teratur.

Harga makanan menjadi faktor ketiga yang memengaruhi kebiasaan jajan. Makanan cepat saji biasanya dinilai lebih murah dan lebih mudah didapatkan dibanding makanan sehat. Makanan sehat sering dikaitkan dengan makanan yang sulit didapat dan mahal.

Padahal nyatanya di masa sekarang, sudah banyak makanan sehat yang mudah didapat dan harganya murah. Tinggal gunakan berbagai aplikasi penyedia jasa antar makanan, dan cari makanan sehat yang cocok dengan kocek TemanBaik.


Keempat, ada waktu penyiapan makanan. Kesibukan juga menjadi faktor yang memengaruhi kebiasaan jajan. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan keinginan kamu untuk hidup sehat. Sesibuk apapun, komitmen kamu dalam hidup sehat dan kebiasaan jajan yang baik harus tetap dijaga.

"Kembali lagi kepada komitmen teman-teman semua, bagaimana nih mau menjalankan pola hidup sehat atau tidak? Lalu untuk kembali ke dalam waktu penyiapan makanannya ini, teman-teman harus bisa mengatur diri sendiri," ucap Maria.

Selanjutnya ada faktor perilaku makan orang tua. Biasanya sibuknya pekerjaan orang tua menyebabkan makanan yang ada di rumah adalah makanan kemasan yang dibeli di luar. Sebetulnya tidak apa-apa, tetapi coba diskusikan dengan orang tua kita untuk tetap membeli makanan sehat di rumah. Berikan anjuran jajanan sehat yang bisa dianjurkan kepada orang tua.

Terakhir adalah lingkungan pertemanan dan iklan. Biasanya kalau sedang berkumpul bersama teman-teman, inginnya sambil ngemil dan jajan. Nah, coba ajak lingkungan TemanBaik untuk mulai jajan sehat, dan perlihatkan iklan-iklan makanan sehat di berbagai platform, terutama yang diskon, ya! Berkumpul pun tetap asyik, kenyang, dan juga sehat.

Nah, faktor-faktor tersebut yang dapat memengaruhi kebiasaan jajan TemanBaik. Jajan tentunya boleh dilakukan, tapi tidak boleh sembarangan. Di masa sekarang, kesehatan kita adalah hal berharga yang harus dijaga. Jadi, mulai kebiasaan jajan yang sehat yuk, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Lan Pham


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler