7 Kandungan Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Stres

Jakarta - TemanBaik, makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh manusia. Mulai dari yang ringan hingga berat, kamu pasti mengonsumsinya setiap hari.

Di masa sekarang, memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi harus bijak. Belum lagi sekarang tingkat stres semakin meningkat karena lebih banyak di rumah saja. Tentunya, makanan dapat menjadi salah satu faktor yang bisa mengurangi stres TemanBaik dalam berkegiatan sehari-hari.

Tapi apakah semua makanan yang dikonsumsi itu baik untuk meredakan stres TemanBaik? Ternyata ada beberapa kandungan dalam makanan yang malah membuat stres meningkat loh, TemanBaik.

Pemaparan ini disampaikan pada seminar daring  'Sugar and Mental Health: Are You Sweet Couple?' yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus pada Sabtu, (13/02). Dr. Rita Ramayulis DCN, M. Kes sebagai salah satu narasumber menjelaskan kandungan apa saja dalam makanan yang bisa menyebabkan stres.


Hal yang pertama adalah tepung putih yang diproses dan dihilangkan seratnya. Hal ini membuat zat karbohidrat pada tepung lebih cepat diserap ke aliran darah, sehingga menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah.

"Pada saat seseorang stres lalu dia memilih roti, yang dari olahan tepung putih, yang enggak ada lagi seratnya di situ, jadi bener-bener tepung putih bukan gandum, jadi tepung-tepung yang seratnya udah enggak ada, nah kalau itu yang dia pilih apa yang terjadi, zat pada karbohidrat itu sifatnya sudah sederhana tidak lagi kompleks. Walaupun asalnya dia dari zat yang kompleks, nah itu akan menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah, setiap peningkatan kadar glukosa darah peningkatan hormon insulin, memengaruhi kinerja otak untuk menghasilkan hormon stres lainnya," jelas Rita.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk, Atur Kebiasaan Jajan agar Enggak Stres dan Tetap Sehat

Kedua adalah garam yang berlebihan. Kadar natrium yang berlebih pada makanan dapat menyebabkan retensi cairan dan akan memengaruhi tekanan darah. Hal ini menyebabkan detak jantung semakin cepat dan menjadi penyebab stres yang cukup besar.

Ketiga adalah gula. Lanjut dari tepung putih tadi, gula akan meningkatkan kadar glukosa darah sehingga menjadi tidak stabil. Hal inilah yang membuat tubuh meminta lonjakan glukosa dan bila tidak terpenuhi dapat menyebabkan stres.

Keempat ada kandungan kafein. Kafein bukan hanya terdapat dalam kopi loh, TemanBaik. Nyatanya kafein dapat mempercepat detak jantung, meningkatkan tekanan darah, dan menghalangi penyerapan vitamin B dan D yang merupakan mikronutrien yang berperan dalam menjaga mood TemanBaik.

Kelima adalah daging olahan. Contoh daging olahan seperti sosis dan lainnya memiliki kadar natrium yang tinggi dan juga bahan pengawet. Terlalu banyak memakan daging olahan akan memperberat kerja organ tubuh TemanBaik, dan mengganggu keseimbangan dan berkurangnya produksi hormon bahagia, loh!

"Daging olahan yang diproses dengan berbagai cara yang panjang, dengan tambahan berbagai bahan aditif ini, justru mengganggu struktur mikrobiota, nah saya hanya ingin katakan mikrobiota kita jangan diganggu-ganggu, terutama masa pandemi gini, karena mikrobiota inilah yang akan mempunyai hubungan ke otak kita untuk bisa menstimulasi hormon-hormon bahagia kita," tutur Rita.


Keenam adalah gorengan. Gorengan mengandung zat yang sulit dicerna dan memberatkan kerja berbagai organ tubuh. Bagaimana pun, gorengan harus sangat dikurangi, karena kaya akan kandungan lemak. Memberatkan kerja berbagai organ tubuh tentu akan membuat badan TemanBaik stres.

Ketujuh adalah alkohol. Kandungan alkohol dapat menurunkan kadar serotonin, dan berkontribusi meningkatkan kecemasan. Alkohol juga biasanya mengandung glukosa berlebihan, dan glukosa berlebihan bukan menambah kadar serotonin dalam tubuh, tapi malah mengurangi kadar tersebut.

Nah, tujuh kandungan yang ada dalam makanan tersebut sebisa mungkin harus dihindari oleh TemanBaik, terutama dengan kadar yang berlebih. Ada beberapa kandungan yang baik untuk tubuh dan tidak apa-apa bila dikonsumsi, namun bila berlebihan malah membuat TemanBaik akan semakin stres nantinya. Jadi, jaga makananmu dan tetap sehat ya, TemanBaik!

Foto: Tangkapan Layar Seminar Daring  'Sugar and Mental Health: Are You Sweet Couple?'


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler