Hindari Menggantung Masker dengan Tali Leher

Jakarta - TemanBaik, penggunaan tali atau kalung pengait masker menjadi tren tersendiri sejak beberapa bulan lalu. Alasan utamanya, penggunaan tali ini dinilai memudahkan dalam menyimpan masker.

Misalnya ketika akan makan, masker dilepas dan tali akan dilonggarkan. Sehingga, masker akan menggantung di sekitar area dada dengan tali di sekitar leher. Hal ini dianggap sebagian orang praktis karena tak perlu menyimpan masker ke tempat khusus. Ada juga yang menganggapnya sebagai sesuatu keren karena tali masker itu beragam motif dan model.

Namun, jika dipakai dengan tidak tepat, penggunaan tali seperti itu justru berbahaya loh. Sebab, menggantungkan masker membuat potensi terpapar COVID-19 atau bibit penyakit lainnya semakin terbuka. Ketika masker menggantung, bisa saja tanpa disadari ada bibit penyakit yang hinggap dan menjangkiti saat masker dipakai.

Baca Ini Juga Yuk: Pentingnya Keterlibatan Masyarakat Kampus untuk Lingkungan Aman

Selain rentan membuat diri tersendiri terpapar penyakit, masker yang menggantung seperti itu juga berpotensi membuatmu tanpa sadar menyebarkan penyakit. Sebab, area dalam masker bisa saja sudah terkontaminasi dan bibit penyakit akhirnya menyebar.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada hal yang lebih efektif dalam menjaga masker agar tidak tertular atau menularkan penyakit. Caranya, ketika masker dilepaskan, segera simpan ke wadah atau tempat tertutup.

Untuk bahannya, bisa berbahan kertas, plastik, atau berbahan lain yang aman, terutama bisa dibuka dan ditutup rapat-rapat. Penyimpanan masker menggunakan cara ini dinilai lebih aman dapat dan higienis ketika yang menggunakannya akan melakukan aktivitas seperti makan dan minum.

"Hal ini paling ideal dan terbaik menggunakan kantung yang ditutup rapat. Baik yang berbahan kertas maupun berbahan lain yang aman untuk menyimpan masker," kata Wiku.

Namun, jika tetap ingin menggunakan tali masker, enggak masalah kok. Yang penting, ketika kamu akan makan atau melakukan aktivitas lain yang harus melepas masker, segera masukkan ke wadah tertutup. Jadi, hindari menggantungkannya di leher dengan tali.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Kobby Mendez
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler