Makeup Luntur Saat Pakai Masker? Begini Cara Mencegahnya

Bandung - TemanBaik, pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini yang tentu saja mengharuskan kita untuk tetap memakai masker saat keluar rumah. 

Tapi pemakaian masker malah dapat menjadi salah satu masalah untuk TemanBaik yang gemar berdandan, bukan? Entah mengakibatkan makeup luntur karena keringat, hingga lipstik yang menempel pada masker. 

Ternyata ada loh cara agar makeup kita tidak 'transfer' saat memakai masker. Yuk, simak tips dari Zida Bintang, seorang makeup enthusiast dalam webinar "Make Up, Mask Up: How To Maximize Your Make Up During The Pandemic" dari Kelana Project, sebuah kampanye tentang pentingnya manajemen waktu saat pandemi. 

Pertama, sebelum mengaplikasikan apapun kamu bisa menggunakan setting spray. Tentu jangan lupa pastikan wajah bersih terlebih dahulu ya!

"Cara pakaiannya, semprot agak jauh dari wajah agar makeup tidak pecah. Lalu semprotkan dengan membentuk huruf 'X' (semprot menyilang)," ujar perempuan yang akrab disapa Bintang. 

Kedua, aplikasikan moisturizer atau pelembab. Menurut Bintang, hal ini sangat penting apalagi untukmu yang memiliki tipe kulit kering. Karena jika kulitmu kering saat memakai makeup, bisa menyebabkan makeup pecah atau retak.

         Foto: Tangkapan layar webinar "Make Up, Mask Up: How To Maximize Your Make Up During The Pandemic" oleh Kelana Project

Baca Ini Juga Yuk: Ngobrol Santai Bisnis Ikan Cupang Bersama Diggy Betta

Ketiga, pakai primer. Ini juga menjadi salah satu kunci agar makeup lebih tahan lama walaupun memakai masker loh, TemanBaik. Menurut Bintang, primer dapat sangat membantu untuk membuat kulit lebih halus dan dapat menahan minyak.

Keempat, pakai translucent atau setting powder. Biasanya jenis bedak ini merupakan bedak tanpa warna yang juga berfungsi untuk menahan minyak dan membuat makeup tidak mudah luntur. 

Kelima, pakai concealer untuk bagian wajah yang ingin kamu tutupi seperti bekas jerawat atau bagian gelap kantung mata. 

Selain itu kamu juga bisa menggunakan contour untuk membuat bentuk wajah lebih terlihat, biasanya digunakan pada tulang pipi agar terlihat tirus dan hidung agar terlihat lebih mancung. 

Sampai di tahap ini, TemanBaik bisa kembali mengaplikasikan setting powder dengan teknik baking untuk membuat hasil kontur wajah lebih halus dan natural.

"Kalau suka pipinya pakai blush on, bisa pakai cream blush di sini," ujar Bintang. 

Keenam, barulah kamu bisa memakai complexion sesuai selera. Entah memakai foundation ataupun bb cushion. Dalam tahap ini, TemanBaik bisa sesuaikan dengan kenyamanan dan shade warna kulit. 

"Nah tapi di sini ada step yang sangat penting biar makeup enggak transfer ke masker. Jadi campur complexion yang dipakai dengan setting spray," terang Bintang.

Cara mencampurnya adalah dengan menyemprotkan setting spray pada brush atau beauty sponge setelah terlebih dahulu menaruh foundation atau bb cushion sesuai kebutuhan wajah di atasnya. 

Ketujuh, setelah memastikan complexion merata pada wajah, TemanBaik bisa kembali menggunakan setting powder agar makeup yang sudah digunakan tidak bergeser kembali. 

Step selanjutnya, TemanBaik bisa menyesuaikan dengan kebutuhan make up yang diinginkan. Mempercantik atau mempertebal alis, membuat riasan mata dengan eyeshadow, eyeliner, hingga maskara, menambah rona pipi dengan blush on, hingga memakai lipstik dengan warna favorit. 

Setelah puas dengan hasil riasan wajahmu, step terakhirnya jangan lupa untuk menutupnya dengan menyemprotkan kembali setting spray untuk 'mengunci' semua make up yang sudah kita gunakan ya, TemanBaik. Tapi ingat, tunggu setting spray kering dahulu sebelum memakai maskernya ya!

Nah, sekarang TemanBaik sudah siap bepergian dengan tetap memakai masker untuk keselamatan diri tanpa khawatir makeup luntur, bukan?

Jangan lupa juga untuk rutin mengganti masker jika keluar dalam waktu lama ya. Karena masker yang sudah terlalu lama dipakai dan terkena keringat bisa menyebabkan make up luntur hingga kulit berjerawat loh, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/ Sindy Süßengut

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler